Ketua KPU Kaltim Ingatkan Jangan Buru-buru Deklarasi Lolos Caleg, Karena masih Ada Potensi Gugur

Ketua KPU Kaltim mengingatkan caleg yang mengaku lolos Pileg untuk tak buru-buru melakukan deklarasi, karena masih ada potensi untuk digugurkan

Ketua KPU Kaltim Ingatkan Jangan Buru-buru Deklarasi Lolos Caleg, Karena masih Ada Potensi Gugur
TribunKaltim.Co/Nalendro Priambodo
Ilustrasi_5 Komisioner KPU Samarinda usai pembacaan hasil rekapitulasi Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara tingkat Samarinda, di Hotel Mesra, Selasa (7/5/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO,SAMARINDA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaltim, Rudiansyah memilih tidak membenarkan maupun tak menyalahkan, prediksi siapa pemenang dan yang terpilih dalam Pileg 2019 nanti.

Apalagi, prediksi itu, banyak beredar di berbagai  media sosial. Bahkan mereka sudah memprediksi siapa yang bakal duduk sebagai anggota legislatif. 

“Selama data yang mereka gunakan valid dengan rumus yang benar, prediksi mereka kemungkinan benar,” kata Rudianysah, Rabu (8/5/2019) sore, di sela rapat di Aula KPU Kaltim jalan Basuki Rahmat, Samarinda.

Meski mereka  merasa yakin bakal duduk sebagai legislator dan memilih merayakan kecil-kecilan bersama keluarga, menurutnya itu sah-sah saja.

“Tapi, kalau deklarasikan terpilih, jangan dulu. Karena, masih ada proses  yang bisa jatuhkan dia. Misalnya, terkena pidana, terbukti money politik di Pemilu kemarin, terkena pidana lain dan inkracht, itu bisa gugur dan tergantikan,” tuturnya.

Karena itu, ia meminta pesera Pemilu bersabar menanti keputusan resmi KPU RI.  Ia menjelaskan, rapat pleno terbuka yang digelar KPU dari tingkat TPS hingga provinsi, hanya  menghitung perolehan suara partai dan peserta Pemilu dari 5 jenis surat suara.

Mengenai penetapan siapa pemenang atau caleg yang memperoleh kursi berada di KPU RI. Hasil rekapitulasi nasional dijadwalkan diumumkan, 22 Mei mendatang.

Jika ada register persidangan perselisihan hasil Pemilu di Mahkamah Konstitusi, maka, KPU, wajib menunggu hasil putusan pengadilan itu dan mengumumkan serentak sekitar Juni 2019.

Terpisah, Komisioner  KPU Kaltim, Suardi menjelaskan, 9-10 Mei ini, KPU Kaltim menggelar rapat pleno penghitungan perolehan suara tingkat Provinsi yang rencananya digelar di Hotel Bumi Senyiur, Samarinda.

Dari 10 kabupaten/kota, Samarinda menjadi kota terakhir yang menyelesaikan rekapitulasi, Selasa lalu. (*)

BACA JUGA:

TERPOPULER - Inilah Sosok Suami Inka Christie, Pria Berusia 12 Tahun Lebih Muda Darinya

BEREDAR Lagu Baru Nissa Sabyan feat Adam Ali Berjudul Al Barq Al Yamani, Ini Video dan Liriknya!

Penyanyi Religi Opick Boyong Rambut Nabi Muhammad SAW dari Turki, Terbungkus Kain Hijau

TERPOPULER - Buntut Panjang Cuitan Rizal Ramli Didatangi Letkol AD yang Kini Diburu

TERPOPULER - Soal Pemindahan Ibu Kota Negara, Jokowi Sebut Bukit Soeharto Kaltim Sangat Mendukung


Like dan Follow Facebook 

Follow Twitter

Follow Instagram

Subscribe official YouTube

Penulis: Nalendro Priambodo
Editor: Samir Paturusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved