Berita Pemkab Kutai Barat

Dikenal Berkualitas Sangat Baik, Penyinggahan Dicanangkan Sebagai Sentra Gula Aren

Penyinggahan bukan hanya dikenal sebagai penghasil ikan, tetapi juga sebagai sentra pembuatan gula merah dari pohon aren

Dikenal Berkualitas Sangat Baik, Penyinggahan Dicanangkan Sebagai Sentra Gula Aren
Bibliotika
Ilustrasi gula aren 

SENDAWAR - Kecamatan Penyinggahan bukan hanya dikenal sebagai penghasil ikan, tetapi juga sebagai sentra pembuatan gula merah dari pohon aren yang sangat terkenal dengan kualitas terbaik sejak dahulu.

Kecamatan Penyinggahan dicanangkan sebagai kecamatan sentra penghasil gula merah atau gula aren.

Di Kubar sendiri ada gula aren yang diproduksi petani di Kecamatan Penyinggahan dan Kecamatan Mook Manaar Bulatn, yang sama-sama memiliki kualitas sangat baik, namun memiliki ciri khas dan rasanya berbeda.

Hal itu terungkap dalam dialog yang dilaksanakan di Masjid Nur Yaqin, Kampung Minta Kecamatan Penyinggahan pada Safari Ramadan.

"Menurunnya hasil gula merah di Kecamatan Penyinggahan bukan karena masyarakat tidak lagi menekuni sebagai pengrajin gula merah, namun lebih terkendala dimana pohon aren sudah tua, sehingga produksi menurun ditambah tidak ada lagi bibitnya untuk ditanam sebagai regenerasi pohon aren," ujar salah satu warga Kampung Minta.

Wakil Bupati H Edyanto Arkan SE menyampaikan, Pemkab Kubar melalui Dinas Pertanian juga terus berupaya membantu dan memprogramkan kegiatan guna peningkatan perekonomian masyarakat, salah satunya pengadaan bibit aren.

Dikemukakan, aren genjah yang dikembangkan di Kutai Timur kini makin diminati untuk dijadikan tanaman produktif.

Bibit aren yang berasal dari Sumatera Utara tersebut usia tanam hingga menuju produksi sangat pendek dibawah lima tahun.

Jika demikian maka para petani akan lebih cepat mendapatkan penghasilan, bila dibandingkan menanam aren lokal yang usia hingga produksinya mencapai 10 hingga belasan tahun.

Pemkab Kubar akan berusaha membantu warga masyarakat dengan cara memberikan bantuan pengadaan bibit Aren melalui Dinas Pertanian.

Bibit pohon aren
Bibit pohon aren (medium)

Dalam kesempatan tersebut Wabup juga berpesan kepada warga masyarakat, apa bila dikucurkan bantuan dari pemerintah harus betul-betul dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Tujuan pemerintah memberikan bantuan untuk kebaikan masyarakat itu sendiri guna peningkatan pendapatan dan ekonomi keluarga.

Selanjutnya langkah awal yang harus dilakukan masyarakat membentuk kelompok tani. Dengan adanya kelompok tani tersebut masyarakat bisa mengusulkan bantuan apa saja yang diperluakan sesuai daerahnya, seperti halnya Kampung Minta pengadaan bibit Aren.

Sekali lagi peran Kepala Kampung dan Camat juga sangat penting dalam upaya mendukung keberhasilan masyarakat setempat. (hms10)

Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved