Gara-gara Utang BBM Rp 43,3 M Belum Dibayar, Ruangan Kabag Perlengkapan Kutim Disegel

Ruangan Kabag Perlengkapan Setkab Kutim disegel gara-gara utang Rp 43,3 miliar kepada seorang pengusaha tak kunjung dibayarkan

Gara-gara Utang BBM Rp  43,3 M Belum Dibayar, Ruangan Kabag Perlengkapan Kutim Disegel
TribunKaltim.CO/Margaret Sarita
Salah seorang pengusaha menyegel Ruangan Kabag Perlengkapan Setkab Kutim karena utang BBM sejak 2017 belum kunjung dilunasi 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Kehebohan terjadi di Lantai III Kantor Setkab Kutai Timur, Kamis (9/5) siang tadi sekitar pukul 13.00 wita.

Seorang pengusaha beserta rekan-rekannya mendatangi ruang Bagian Perlengkapan Setkab Kutim. Mereka meminta para staf yang sedang bekerja untuk keluar ruangan. Karena ruang tersebut mau disegel sementara.

Namun, karena para staf tidak berani keluar ruangan, akhirnya hanya ruang Kabag Perlengkapan saja yang disegel.

Kebetulan sang Kabag juga sedang berada di Samarinda. Pintu tersebut ditutup dengan kertas bertuliskan ruangan ini disegel sementara.

Penyegelan, ditenggarai berpangkal dari utang pembelian BBM untuk operasional Setkab Kutim yang menumpuk pada 2017 lalu, sebesar Rp 51,8 miliar.

Sempat dijanjikan dibayar pada APBD perubahan 2018 sebesar Rp 19 miliar. Namun, tidak terbayarkan juga. Kemudian dijanjikan akan dibayar pada triwulan pertama 2019, dimana Pemkab Kutim berkomitmen menyelesaian utang 2016-2017. Tapi dari total utang Rp 51,8 miliar, hanya dibayarkan Rp 7,5 miliar.

Akibatnya, pemasok BBM untuk Setkab Kutim pun meradang. Mereka tidak bisa bersabar lagi dengan utang yang berlarut-larut.

Hingga akhirnya memutuskan untuk mendatangi dan menyegel Kantor Bagian Perlengkapan Setkab Kutim.

“Saya sudah telepon Kabagnya, Pak Wahyu dan lagi di Samarinda. Minta tolong jangan karena katanya ada uangnya lagi sebagian, di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Tapi buat apa, kalau tidak juga lunas. Ini utang sudah dari tahun 2017 lalu. Janji dibayarkan di 2018. Kemudian kembali dijanjikan di perubahan 2018. Ndak terbayar lagi.

Halaman
123
Penulis: Margaret Sarita
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved