KM Jaya Samudra Pengangkut 12.000 Liter BBM Ilegal Ditahan,Tertangkap di Perairan Sorong Papua Barat

"Kapal dari Sorong ke Kais Sorong Selatan. Setelah diperiksa tidak memiliki dokumen atau bodong termasuk Nakhoda tak miliki Surat Keterangan Kecakapan

(Kontributor KompasTV Manokwari, Budy Setiawan)
Ketiga tersangka yang diamankan oleh petugas Polairud Polda Papua Barat, di atas KM Jaya Samudera, di Perairan Selat Sele, Sorong, Papua, Rabu (8/5/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, MANOKWARI -Sebuah kapal, KM Jaya Samudra yang sedang berlayar dari Kota Sorong ke Keis Sorong Selatan ditahan aparat karena mengangkut BBM ilegal. Nakhoda kapal juga tidak memiliki surat keterangan kecakapan.

Polisi Air (Polair) Polda Papua Barat, menangkap kapal pengangkut BBM ilegal, KM Jaya Samudera di Perairan Selat Sele, di sebelah Utara Tanjung Kamyolo, Sorong, Papua Barat, Rabu (8/5/2019).

Sebanyak 12.000 liter BBM jenis High Speed Diesel berhasil disita petugas, karena pengangkutannya tidak dilengkapi dokumen yang sah. "Kapal dari Sorong ke Kais Sorong Selatan. Setelah diperiksa tidak memiliki dokumen atau bodong, termasuk Nakhoda tidak memiliki Surat Keterangan Kecakapan (SKK)," jelas Kabid Humas Polda Papua Barat AKBP Mathias Krey, Kamis (9/5/2019).

Berdasarkan pengakuan Nakhoda, kapal berbendera Indonesia ini, merupakan bantuan dari Dirjen Pembangunan Kawasan Pedesaan yang diperuntukkan bagi nelayan. "Patut diduga telah terjadi tindak pidana pelayaran yang melanggar pasal 323 ayat 1 jo pasal 219 ayat 1 UU RI No.17 Tahun 2008, dan tindak pidana Migas pasal 53 huruf b, UU RI No. 22 Tahun 2001," sebut Kabid Humas Polda Papua Barat AKBP Mathias Krey.

"Tersangka diamankan ada tiga orang, berinisial H (44), Y (30) dan F (35), selaku pemilik BBM," ujar Kabid Humas Polda Papua Barat AKBP Mathias Krey.

Barang bukti, yang diamankan, satu unit Kapal KM Jaya Samudera, 1 buah selang 15 meter, 1 unit mesin Alkon merk Kumba, BBM jenis High Speed Diesel 12.000 liter dan 3 buah HP. "Kapal sudah diamankan di Ditpolairud Polda Papua Barat, guna proses lebih lanjut," tutur Kabid Humas Polda Papua Barat AKBP Mathias Krey.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapal Pengangkut 12.000 Liter BBM Ilegal Tertangkap di Perairan Sorong"

BACA JUGA:


Ramalan Zodiak Hari Kamis 9 Mei 2019, Sagitarius Penuh Kontroversi, Virgo Temukan Cinta Baru


Halaman
12
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved