Musrenbangnas

Siap-siap Saja, Jokowi di Musrenbangnas Sampaikan, Dirinya akan Tutup Lembaga Kategori Seperti Ini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengancam akan tutup lembaga yang dianggap hanya pemborosan anggaran. Ini disampaikan Jokowi saat Musrenbangnas.

Siap-siap Saja, Jokowi di Musrenbangnas Sampaikan, Dirinya akan Tutup Lembaga Kategori Seperti Ini
Twitter/@KSPgoid
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat bersilaturahmi dengan para santri dan pengurus Pondok Pesantren Bugen Al-Itqon, Semarang, Senin (22/10/2018). Jokowi saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional atau Musrenbangnas di Jakarta ancam akan tutup lembaga yang hanya lakukan pemborosan anggaran. 

TRIBUNKALTIM.CO - Hari ini, Presiden Joko Widodo yang biasa disapa Jokowi ingatkan kepada lembaga yang dianggap tidak efektif dan memakan biaya banyak namun tak membekas ada capaian prestasi kerja akan disikapi. 

Informasinya, akan ditutup supaya pemborosan anggaran tidak terjadi secara liar. 

Karena itu Jokowi ingin keberadaan lembaga negara ada di Indonesia itu harus punya peran eksistensi yang jitu, mampu membawa pengaruh yang nyata harus ada hasil yang memang bisa dirasakan. 

Kebijakan Jokowi ini tidak main-main, Jokowi mengancam akan menutup lembaga yang kerjanya tak efisien dan hanya menghabiskan anggaran negara.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional atau Musrenbangnas di Hotel Shangrila, Jakarta, Kamis (9/5/2019).

"Ini akan segera kita mulai. Lembaga-lembaga yang tidak kita perlukan, yang tidak efisien, yang tidak memberikan kontribusi yang real kepada negara, kalau saya, tutup, hapus," kata Jokowi.

"Banyak-banyakin biaya. Banyak-banyakin anggaran," tambah dia.

Selain pemborosan anggaran, Jokowi juga menilai banyaknya lembaga pemerintah justru memperumit dan memperlambat proses perizinan dan investasi.

Akibatnya, nilai investasi dan ekspor Indonesia selalu lesu.

Oleh karena itu, ia menilai reformasi struktural dan reformasi birokrasi harus segera dijalankan baik di tingkat pusat maupun daerah.

Halaman
123
Editor: Budi Susilo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved