Ternyata Kebutuhan Bawang Putih di Balikpapan Capai 1.200 Ton/Tahun

Kebutuhan Bawang Putih di Balikpapan Cukup Tinggi, Setahun Habiskan 1.200 Ton, Rata-rata bawangputih masih didatangkan dari Impor

Ternyata Kebutuhan Bawang Putih di Balikpapan Capai  1.200 Ton/Tahun
TribunKaltim.Co/Siti Zubaidah
Salah seorang pendagang bawang putih dan bawang merah. Harga bawang putih sudah turun menjadi Rp 60 ribu/Kg 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN–Akhir-akhir ini bawang putih menjadi komoditas bahan makanan yang sering dibahas semua daerah, termasuk di Kota Balikpapan.

Setiap tahun  warga Balikpapan menghabiskan 1.200 ton bawang putih.

Demikan diungkapkan, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan Heria Prisni.

Ia mengatakan, kebutuhan bawang putih di Kota Balikpapan ini cukup tinggi. Permintaan bawang putih perkapita pertahunnya di Balikpapan capai 2 kg/orang.

Menurutnya, jumlah tersebut, dihitung dari jumlah penduduk warga Balikpapan sebanyak 690 ribu orang. 

"Artinya jika kebutuhan perorang dikalikan 690 ribu jumlah penduduk setahun dibutuhkan 1200 ton lebih bawang putih yang dikonsumsi warga Balikpapan," kata Heria.

Dia pun menjelaskan, fenomena harga bawang putih yang melonjak fantastis di angka Rp100.000 per kilogram merupakan dampak kelangkaan komoditas tersebut di pasaran.

Dari informasi yang diterima Tribun Kaltim pagi ini harga bawang putih di pasar tradisional sudah turun diangka Rp 60.000 perkilogram.

Berbeda dengan bawang putih, komoditi bawang merah untuk Balikpapan masih didatangkan dari Indonesia yaitu Surabaya dan Sulawesi.

Permintaan bawang merah perkapita pertahun di Balikpapan yaitu 2,2 kg per orang. Jumlah itu juga menghitung dari jumlah penduduk sebanyak 690 ribu orang dan ditambah 10 persen.

Halaman
123
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved