THR PNS Dipastikan Cair 24 Mei, Segini Anggaran yang Disiapkan Pemerintah

Kementerian Keuangan memastikan pencairan THR PNS akan dilakukan 24 Mei mendatang. Total anggaran yang disiapkan capai Rp 20 triliun

THR PNS Dipastikan Cair 24 Mei, Segini Anggaran yang Disiapkan Pemerintah
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/nz(WAHYU PUTRO A)
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan terkait realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (19/3/2019). Menkeu melaporkan realisasi APBN 2019 hingga Februari 2019 tercatat Rp54,61 triliun atau 0,34 persen terhadap PDB. 

 TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA -Kabar gembira bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di bulan Ramadhan ini. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan mencairkan Tunjangan Hari Raya (THR) 2019 bagi abdi negara ini pada 24 Mei mendatang.

Tak tanggung-tanggung, anggaran yang disiapkan pemerintah mencapai Rp 20 triliun.

Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani mengatakan, anggaran total untuk THR bagi PNS mencapai  Rp. 20 triliun. "Jadi Insya Allah 24 Mei sudah bisa laksanakan sesuai dengan proses yang sekarang ini sudah berjalan," kata Sri Mulyani di kantornya, Jakarta, Rabu (8/5/2019).

Ia  menjelaskan, peraturan pemerintah (PP) terkait pencairan THR sudah disetujui presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Sementara untuk peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang menjadi landasan pencairannya akan dirampungkan hari ini.

"PMK kita selesaikan hari ini, sesudah itu seluruh Kementerian/Lembaga dan daerah sudah bisa mulai melakukan proses untuk mengajukan," jelas mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu.

Sementara untuk gaji ke-13 PNS, Sri Mulyani mengataka akan cair pada Juni 2019.

"Nanti untuk gaji ke-13 baru kita bayarkan pada pertengahan tahun karena itu adalah membantu biaya sekolah ASN," ujarnya.

Dia berharap pencairan THR dan gaji ke-13 PNS itu bisa berkontribusi terhadap perekonomian nasional. Dana tersebut diharapkan dapat mendongkrak konsumsi masyarakat, meski hanya secara musiman.

"Jadi ada musiman di mana masyarakat secara keseluruhan, non ASN pun juga melakukan (belanja) terutama untuk kegiatan-kegiatan pada sekitar bulan Ramadan dan Hari Raya nanti," jelas Sri Mulyani.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan kepastiannya pembayarannya adalah pada tanggal 24 Mei nanti.

Halaman
123
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved