Berita Pemkab PPU

Warga Tidak Perlu Antre, Disdukcapil PPU Terapkan Aplikasi Pembuatan KIA

pembuatan KIA dengan aplikasi ini untuk memudahkan masyarakat dan mereka tak perlu lagi menunggu dan antre.

Warga Tidak Perlu Antre, Disdukcapil PPU Terapkan Aplikasi Pembuatan KIA
HUMASKAB PPU
Kepala Disdukcapil PPU, Suyanto menjelaskan, pembuatan KIA dengan aplikasi ini untuk memudahkan masyarakat dan mereka tak perlu lagi menunggu dan antre. 

PENAJAM - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Penajam Paser Utara (PPU), akan semakin mempermudah pelayanan kepada masyarakat khususnya untuk pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA).

Rencananya, membuatan KIA akan dipermudah dengan system online melalui aplikasi

Kepala Disdukcapil PPU, Suyanto menjelaskan, pembuatan KIA dengan aplikasi ini untuk memudahkan masyarakat dan mereka tak perlu lagi menunggu dan antre.

“Jadi nanti masyarakat yang ingin memgurus KIA anaknya tak perlu datang ke kantor namun cukup mendaftar melalui aplikasi. Tapi sebelumnya, masyarakat harus mendaftar aplikasi dulu,” jelasnya.

Setelah terdaftar maka mereka bisa gunakan aplikasi tersebut tanpa harus mendatangi Disdukcapil untuk mengurus KIA.

Mereka baru bisa datang lanjutnya, setelah KIA sudah diterbitkan sehingga orangtua bisa datang untuk KIA yang sudah diterbitkan.

Mengenai penerapan aplikasi pembuatan KIA ini, Suyanto menargetkan paling lambat Juni sudah bisa diterapkan.

“Insya Allah setelah bulan Ramadhan ini, aplikasi ini sudah bisa kami terapkan agar lebih memudahkan masyarakat dalam pelayanan khususnya untuk pembuatan KIA,” katanya.

Suyanto mengatakan untuk membuatan KIA sudah mencapai puluhan ribu anak, apalagi tahun lalu tim dari Disdukcapil sudah langsung turun ke sekolah-sekolah mulai termasuk di SMP untuk melakukan pemotretan.

Hal ini dilakukan untuk mempercepat dan memudahkan anak mendapatkan KIA.

Bahkan KIA yang sudah dicetak lanjutnya, sudah diserahkan kepada yang bersangkutan. Ia mengatakan, KIA itu wajib bagi anak karena sebagai pengganti KTP.

“Jadi itu seperti KTP dan menjadi kartu identitas. Di KIA juga terterah nomor KK, kepala keluarga dan NIK anak yang bersangkutan,” katanya.

Agar masyarakat mengurus KIA bagi anaknya, ia mengatakan pihaknya berencana untuk melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora).

Setiap anak yang ingin mendaftar sebagai siswa baru, maka wajib untuk melampirkan KIA sebagai salah satu syarat wajib. (Advertorial/Kominfo)

Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved