Di Kutim, Zakat Fitrah Tertinggi Rp 37.500 dan Terendah Rp 25.000/Jiwa

Kemenag Kutim telah menetapkan zakat fitrah tertinggi Rp 37.500 dan terendah Rp 25.000/jiwa

Di Kutim, Zakat Fitrah Tertinggi Rp 37.500  dan Terendah Rp 25.000/Jiwa
TribunKaltim.CO/Margaret Sarita
Kepala Kemenag Kutim, Ambotang 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Zakat fitrah merupakan kewajiban umat Islam. Besaran zakat fitrah ditentukan setiap tahun dalam  musyawarah bersama,  antara tokoh agama Islam, MUI, ormas Islam dan instansi terkait.

Di Kabupaten Kutai Timur, pertemuan telah digelar di ruang Kepala Kantor Kemenag Kutim, Rabu (8/5) lalu.

Menurut Kepala Kemenag Kutim, Ambotang, besaran zakat telah disepakati per jiwa adalah 2,5 gram beras, dan  bila dikonversi  dalam bentuk uang, ada tiga kategori.

Yakni, kategori tertinggi, Rp 37.500 per jiwa, kategori sedang, Rp 32.500 per jiwa dan kategori terendah Rp 25.000 per jiwa.

“Umat muslim dapat memilih sesuai kategori di atas, apakah berupa beras, atau berupa uang sesuai makanan pokok sehari-hari.

Kami berharap kaum muslimin dapat menggelorakan semangat berbagi pada sesama dengan gemar berzakat, infaq dan shodaqoh, untuk kepentingan fuqara’ dan orang-orang yang membutuhkan.

Zakat bisa disalurkan mulai tanggal sejak  8 Mei lalu hingga jelang Lebaran Idul Fitri nanti,” ungkap Ambotang, Jumat (10/5).

Sedangkan untuk fidyah, menurut Ambotang, ditentukan sebesar Rp 12.000 per jiwa per hari. Ia juga mengimbau pada umat muslim agar menyesuaikan atau memilih kadar zakat yang lebih tinggi sesuai dengan kemampuan masing-masing. Untuk kepentingan tazkiyatun nufus atau kebersihan jiwa.

“Kami juga berharap, masyarakat dapat menyalurkan zakatnya pada Baznas Kabupaten Kutai Timur, atau Baznas di tingkat kecamatan,

UPZ bentukan Baznas dan lembaga amil zakat yang sah serta terdaftar di Kemenag,” ujar Ambotang.(*)

Halaman
12
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved