Harga Bawang Putih di Sangatta Mulai Turun, Namun Belum Merata

Harga bawang putih di sejumlah pasar di Sangatta mulai turun namun tak merata di semua pedagang

Harga Bawang Putih di Sangatta Mulai Turun, Namun Belum Merata
TribunKaltim.CO/Margaret Sarita
pedagang bawang putih di pasar induk sangatta 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Meski harga bawang putih di tingkat agen dan pedagang sudah mulai turun, namun belum ada persamaan harga di antara pedagang.

Baik mereka yang berjualan di Pasar Induk Sangatta, Pasar Teluk Lingga maupun Pasar Sangatta Seberang.

Di Pasar Induk Sangatta, agen sayur mayur menjual bawang putih seharga Rp 400.000 per karung dengan bobot kotor 20 Kg. Namun untuk eceran, dibandrol Rp 55.000 - 60.000 per Kg.

"Banyak sekali juga tidak ada barangnya. Tapi kita kan ditekan pemerintah, harus maksimal jual Rp 400.000 per karung dan akan diturunkan terus. Padahal stoknya juga belum banyak," kata Bumia, salah satu agen sayur mayur di PIS, Jumat (10/5).

Terpisah, Siti pedagang lapak sayur mengaku menjual bawang putih di harga Rp 60.000 per Kg. Karena ia juga ambil dari agen per karung dengan harga Rp 400.000/20 kg.

"Satu karung yang berat 20 Kg itu, kalau ditimbang bersih nggak 20 Kg. Kadang hanya 17 -18 Kg saja. Belum lagi upah angkutnya. Untung kita jualan. Mau nggak mau ya dijual Rp 60.000 per Kg," ungkap Siti.

Menurutnya, agen yang bisa jual Rp 50.000 per Kg, karena mereka ambil sendiri langsung ke Surabaya dalam jumlah besar, menggunakan truk.

"20 ton lebih itu mereka ambil langsung dari Surabaya. Berapa sudah modalnya. Kalau kita modal sedikit-sedikit aja. Nggak bisa ambil banyak," ujar Siti.

Di Pasar Teluk Lingga, beberapa pedagang masih bertahan dengan harga Rp 70.000 hingga Rp 80.000 per Kg. Dengan alasan stok yang mereka punya merupakan stok lama saat harga bawang putih sedang mahal.

"Belum ada masuk pasokan baru ke sini. Saya masih jual stok lama waktu harga Rp 80.000 per Kg," kata Udin.

Halaman
12
Penulis: Margaret Sarita
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved