Ibu Kota Baru

Teka-teki Pemindahan Ibu Kota Indonesia, Seperti Tanjung Selor Belum Hasilkan Rencana Kelas Dunia

Soal pemindahan ibu kota Indonesia, kota-kota Indonesia yang kita lihat sampai hari ini bertumbuh alamiah, terbentuk atas peran kalangan swasta.

Teka-teki Pemindahan Ibu Kota Indonesia, Seperti Tanjung Selor Belum Hasilkan Rencana Kelas Dunia
gislearning.wordpress.com
Ilustrasi Peta Indonesia, ada rencana pemindahan ibu kota Indonesia. 

Keputusan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk merelokasi pusat pemerintahan dan pemindahan ibu kota Indonesia menuai perbedaan pendapat cukup tajam di kalangan perencana kota kita.

Bukan saja banyak para ahli perencana yang tidak mengetahui rencana tersebut, juga banyak yang mencoba memahami pokok-pokok pikiran permainan catur politik rencana ini, sambil mencari solusi teknokratiknya.

Untuk memahami besarnya tantangan bagi pemerintah dalam menjaga wacana relokasi ini tetap hidup, kita tidak dapat lepas dari konteks kerangka kebijakan perencanaan kota di Indonesia.

Perlu juga dipahami bahwa kota-kota Indonesia yang kita lihat sampai hari ini bertumbuh secara alamiah, dan terbentuk atas peran para pengembang swasta.

Mari kita melihat isu ini dari kaca mata proses perencanaan kota.

Sudah empat dekade, atau separuh umur republik, kita tidak mempunyai kebijakan pengembangan kota yang visioner sekaligus komprehensif.

Yang terakhir dan satu-satunya yaitu National Urban Development Strategy (NUDS) tahun 1985.

NUDS merupakan sebuah skenario perencanaan yang visioner pada masanya, namun terkerdilkan oleh pragmatisme sistem politik sentralistik.

Skenario tersebut mengatur hirarki kota-kota terutama berbasis populasi, namun kebijakan tersebut tidak memiliki kepanjangan aturan yang bisa dilaksanakan oleh pemerintah daerah.

Sejak itu, diikuti era status quo yang menyebabkan terjadinya paceklik pemikiran-pemikiran progresif di antara para perencana.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved