Banyak Murid Berprestasi di Luar Tenggarong, Tulus Sebut Kualitas Pendidikan di Kukar Hampir Merata

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar Tulus Sutopo mengatakan kualitas pendidikan di Kukar, khususnya tingkat SD, hampir merata

Banyak Murid Berprestasi di Luar Tenggarong, Tulus Sebut Kualitas Pendidikan di Kukar Hampir Merata
TRIBUN KALTIM/RAHMAT TAUFIQ
Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar, Tulus Sutopo 

TRIBUNKALTIM. CO, TENGGARONG - Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kukar Tulus Sutopo mengatakan kualitas pendidikan di Kukar, khususnya tingkat SD, hampir merata di 18 kecamatan.

Kualitas pendidikan yang dibuktikan dari pencapaian prestasi peserta didik tidak lagi didominasi sekolah di wilayah kota Tenggarong.

"Beberapa kali ajang yang kita gelar untuk kecamatan di luar Tenggarong, mereka meraih nilai tinggi walaupun kadang kalah tapi rata-rata nilainya tinggi, terlebih sekolah di Kecamatan Muara Badak yang sering siswanya menjuarai OSN, O2SN dan FLS2N," kata Tulus, Sabtu (11/5/2019).

Ia mengatakan, prestasi bergengsi yang diraih 2 murid SDN 012 Muara Badak menjadi pembuktian kualitas pendidikan di wilayah pesisir tak kalah dengan wilayah perkotaan.

Tirta Bayu Laksamana dan Mawar Sri Ramadhany, murid kelas 5 SDN 012 Muara Badak, lolos dalam ajang OSN tingkat nasional yang akan digelar di Yogyakarta, 30 Juni-6 Juli 2019 mendatang.

"Dua siswa kita ini, seorang meraih ranking provinsi dan seorangnya lagi ranking nasional, lebih mengagetkan lagi 2 murid ini berasal dari SDN 012 Muara Badak, memang persiapannya bukan dadakan, dari jauh hari pihak sekolah menggembleng anak-anak itu untuk menghadapi OSN, saya yakin murid kita bisa berkiprah di tingkat nasional," ujarnya.

Untuk ke tingkat nasional nanti, pihaknya memberikan dukungan kepada 2 murid Kukar yang akan berlaga ke tingkat nasional, baik dukungan moril maupun materi.

"Saya akan berkoordinasi dengan Kadis untuk memfasilitasi anak-anak bertemu dengan bupati, saya yakin mereka akan diberikan arahan langsung dari bupati agar memiliki spirit yang tinggi, apalagi keduanya tak hanya membawa nama Kukar, tapi juga Kaltim," kata Tulus.

Soal sokongan dana, Tulus mengatakan kegiatan OSN di Yogyakarta nanti ditanggung Kemendikbud,

sedangkan di tingkat kabupaten dan provinsi kemarin dialokasikan dana dari kabupaten, termasuk uang pembinaan buat anak-anak.

Halaman
12
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved