Kadar Zakat Fitrah di Kukar Tertinggi Rp 40 Ribu dan Terendah Rp 30 Ribu

Kemenag Kukar telah menetapkan kadar zakat fitrah.Besarannya yang tertinggi Rp 40 ribu/jiwa, menengah Rp 35 ribu/jiwa dan terendah Rp 30 ribu/jiwa

Kadar Zakat Fitrah di Kukar Tertinggi Rp 40 Ribu dan Terendah Rp 30 Ribu
TribunKaltim.CO/Rahmat Taufik
Plt Kepala Kantor Kemenag Kukar Nasrun 

TRIBUNKALTIM.CO,TENGGARONG – Hasil rapat koordinasi penetapan kadar zakat fitrah dan fidyah di wilayah Kukar diperoleh batas tertinggi zakat fitrah Rp 40 ribu/jiwa, menengah Rp 35 ribu/jiwa dan terendah Rp 30 ribu/jiwa untuk Ramadhan 1440 H.

Plt Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kukar, Nasrun mengemukakan, besaran kadar zakat ini diperoleh setelah melihat rata-rata variasi harga beras di seluruh kecamatan di Kukar.

Harga beras tertinggi mencapai Rp 16 ribu/kg, menengah Rp 14 ribu/kg dan terendah Rp 12 ribu/kg. Sedangkan besaran zakat fitrah yang wajib dikeluarkan umat muslim sebanyak 2,5 kg.

"Rapat penetapan zakat fitrah sudah dilaksanakan ,Rabu (8/5/2019). Sebagai Plt, saya tidak berwenang menetapkan atau membuat surat keputusan,

maka hasil usulan rapat sudah dikirimkan ke Kanwil Kemenag Kaltim untuk segera ditetapkan," ujar Nasrun, Sabtu (11/5/2019).

Zakat fitrah ini wajib dikeluarkan selama Ramadhan. Rapat yang dipimpin Plt Kepala Kemenag Kukar ini juga dihadiri perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kukar, Pengadilan Agama Tenggarong, Badan Amil Zakat Nasional Kukar, Disperindag, LAZ DPU, Kodim 0906/Tenggarong dan Polres Kukar.

Nasrun mengatakan, kadar zakat ini didapat  setelah mendapatkan masukan dari seluruh peserta rapat serta survei perkembangan harga beras di pasar Tenggarong.

Kadar zakat ini merupakan limit dasar dan menjadi pedoman dalam pembayaran zakat di wilayah Kukar. Menurutnya, pembayaran  zakat lebih diutamakan dengan makanan pokok yang dikonsumsi warga sehari-hari, yakni beras.

Ia juga mengimbau kepada warga muslim di Tenggarong dan sekitarnya agar mengeluar zakat fitrah lebih awal tanpa harus menunggu pada akhir bulan Ramadhan.

Ini bertujuan untuk memudahkan petugas Badan Amil Zakat atau unit pengumpul zakat dalam menyalurkannya kepada para mustahik atau orang yang berhak menerima zakat.

Halaman
12
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved