Mulai Besok Pasien Rawat Jalan dan Kontrol di RSKD Dirujuk ke RS Lain, Berlaku Hingga Senin 20 Mei

Sedangkan pelayanan rawat inap tetap dilayani sampai pasien sembuh dan bagi pasien yang rawat jalan atau kontrol rujukan akan diarahkan ke RS lain

Mulai Besok Pasien Rawat Jalan dan Kontrol di RSKD Dirujuk ke RS Lain, Berlaku Hingga Senin 20 Mei
Foto HO :
Pertemuan DPRD Balikpapan dengan BPJS Kesehatan Balikpapan membahas mengenai pengurangan layanan di RSKD Balikpapan, Minggu (12/5/2019) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Ketua Komisi IV DPRD Balikpapan Mieke Henny melakukan pertemua bersama BPJS Kesehatan Kota Balikpapan, Minggu(12/5/2019).

Dikutip dari media sosial Mieke Henny pertemuan tersebut menyikapi pemutusan kontrak atau hubungan kerja sama antara BPJS Kesehatan dengan Rumah Sakit Kanujoso Djatiwibowo (RSKD).

"Saya mewakili Komisi IV DPRD kota Balikpapan langsung menemui kepala cabang BPJS Kesehatan Balikpapan ibu Endang tadi pagi di kantor BPJS. Inti dari diskusi kami ternyata bukan putus kerja sama seluruh tanggungan tapi perubahan Ruang Lingkup Pelayanan Sementara," kata Mieke Henny.

Artinya peserta JKN-KIS masih berhak menerima pelayanan kesehatan terkhusus untuk gawat darurat, kemoterapi dan hemodialisa/cuci darah.

"Sedangkan pelayanan rawat inap saat ini tetap dilayani sampai pasien dinyatakan sembuh dan bagi pasien yang rawat jalan atau kontrol rujukan akan diarahkan ke rumah sakit selain RSKD yang juga kerja sama dengan BPJS Kesehatan," ungkap Mieke Henny.

Mieke Henny mengatakan, perubahan ini memang sangat dirasakan bagi pasien yang rawat jalan, karena harus pindah rumah sakit untuk kontrol.

Peraturan tersebut berlaku mulai Senin besok tanggal 13 Mei sampai Senin 20 Mei 2019.

"Karena pas tanggal 20 Mei 2019 akreditasi dilakukan, setelah itu InsyaAllah pelayanan KIS-JKN kembali normal seperti semula," kata Mieke Henny.

Atas nama Komisi IV DPRD Kota Balikpapan selaku mitra kerja mengimbau agar permasalahan ini dapat dipahami karena terkait dengan undang-undang dan aturan.

"Kami sepakat untuk penambahan ruang lingkup pelayanan-pelayanan selama seminggu ini yaitu Thalassemia, TB, hemophila,CAPD,HIV, dan pelayanan kontrol ulang paska opname atau paska operasi dan pelayanan rujukan," ujar Mieke Henny.

Halaman
12
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved