2.940 Rumah Warga Miskin di Kalimantan Utara akan Direnovasi, Ini Besaran Anggarannya

Program Bantuan Stimulan Pembiayaan Perumahan (BSPS) menyasar 2.940 rumah warga penduduk miskin atau berpenghasilan rendah di Kalimantan Utara.

2.940 Rumah Warga Miskin di Kalimantan Utara akan Direnovasi, Ini Besaran Anggarannya
TRIBUN KALTIM/ Muhammad Arfan
Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie menyerahkan secara simbolis bantuan BSPS kepada salah seorang penerima bantuan di Malinau, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Program Bantuan Stimulan Pembiayaan Perumahan (BSPS) menyasar 2.940 rumah warga penduduk miskin atau berpenghasilan rendah di Kalimantan Utara.

BSPS merupakan program bantuan biaya rehabilitasi rumah yang pendanaannya bersumber dari APBN dan APBD Kalimantan Utara.

"Untuk yang bersumber dari APBN, program BSPS Tahun Anggaran 2019 di Provinsi Kalimantan Utara saat ini telah diterbitkan SK dari Kementerian PUPR, terkait lokasi-lokasi rumah yang akan direhab," kata Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie, Senin (13/5/2019).

APBN meng-cover sebanyak 2.500 unit. Sedang APBD Kalimantan Utara 2019 meng-cover sebanyak 440 unit.

"Dari APBD, saat ini kita masih melakukan verifikasi agar lokasi rumah dan desa yang mendapatkan alokasi untuk direhab melalui APBD, tidak sama lokasi rehabnya dengan yang ada di APBN. Jadi yang dari APBD menyesuaikan," sebutnya.

Untuk membiayai rehab sebanyak 2.500 unit APBN dengan alokasi anggaran sebesar Rp 30 miliar.

Peruntukannya untuk merehab rumah yang terbagi di kabupaten/kota.

Besaran plafon bantuan per unit rumah sebesar Rp 15 juta per unit.

"Berdasarkan laporan dari Satuan Kerja (Satker) Non Vertikal Tertentu Bidang Perumahan Kementerian PUPR yang menangani bantuan 2.500 rumah dari APBN, prosesnya saat ini masih dalam proses verifikasi," ujarnya.

Melalui tim Satker bersama Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR-Perkim) Kalimantan Utara saat tengah sedang melakukan pengecekan terhadap rumah-rumah calon penerima.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved