Berita Pemprov Kaltara

Angka Pengangguran 2018 di Povinsi Kaltara Turun Menjadi 17.797 Jiwa

Program peningkatan keterampilan tenaga kerja atau vocational skills menjadi salah satu prioritas

Angka Pengangguran 2018 di Povinsi Kaltara Turun Menjadi 17.797 Jiwa
HUMASPROV KALTARA
Grafis Angkatan Kerja di Provinsi Kaltara 2018 

TANJUNG SELOR - Program peningkatan keterampilan tenaga kerja atau vocational skills menjadi salah satu prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara).

Menurut Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, program ini penting sebagai upaya terbaik untuk menyikapi persoalan kemiskinan dan pengangguran.

Utamanya, dalam menciptakan pekerja dan wirausahawan yang tangguh, serta dapat mengantisipasi terus bertambahnya angka kemiskinan dan pengangguran.

“Pelatihan, seperti program pemagangan dalam negeri yang digelar Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) bekerjasama dengan Kemenaker (Kementerian Tenaga Kerja) ini, sedianya dapat lebih menekankan pada pembentukan keterampilan atau praktik yang kelak menjadi dasar keterampilan dalam berwirausaha,” tutur Irianto.

Diungkapkan Gubernur, permasalahan yang dihadapi Kaltara saat ini, salah satunya adalah ketersediaan lapangan kerja dan masih tingginya angkatan kerja yang belum tertampung.

Di mana salah satu penyebabnya adalah, masih minimnya keterampilan yang dimiliki para calon tenaga kerja di Kaltara.

“Dari itu, pembangunan ketenagakerjaan di Kaltara ditujukan untuk melindungi tenaga kerja dan mengurangi angka pengangguran,” ungkapnya.

Gubernur mengatakan, faktor lapangan kerja dan ketersediaan tenaga kerja ini memiliki hubungan yang signifikan dan saling ketergantungan antara satu dengan yang lainnya.

“Ketidakseimbangan antara ketersediaan lapangan kerja dan tenaga kerja akan berakibat pada terjadinya pengangguran yang pada giliran selanjutnya akan membawa dampak pada pembangunan sosial ekonomi dalam kehidupan masyarakat yang semakin tidak menentu,” jelas Gubernur.

Dipastikan Irianto, Pemprov Kaltara akan selalu berupaya agar dapat lebih banyak melakukan program kegiatan untuk peningkatan kemampuan bekerja bagi tenaga kerja lokal agar mampu bersaing dengan tenaga kerja dari luar atau tenaga kerja asing.

Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved