kesehatan

Berapa Kali Anda Boleh Mandi dalam Seminggu, Ini Kata Dokter

Berapa anda mandi dalam seminggu. ternyata para dokter berbeda pandangan mengenai berapa intensitas mandi dalam seminggu

Berapa Kali Anda Boleh Mandi dalam Seminggu, Ini Kata Dokter
Kompas.com
Ilustrasi mandi 

TRIBUNKALTIM.CO-Berapa Andi mandi dalam sehari. Satu atau dua kali.

Ternyata di budaya kita, mandi dua kali sehari merupakan hal yang lazim. 

Tapi  yang menjadi pertanyaan, apakah dua kali mandi itu memang diperlukan tubuh kita? tapi kalau tidak, terus berapa kali  yang dibutuhkan setiap hari.

Mary L Stevenson MD, asisten profesor di Ronald O Perelman Departemen Dermatologi di NYU Langone Health, mengutip Self.com mengatakan, alasan utama mandi untuk membersihkan keringan dan sel-sel yang mati. Selain itu, juga untuk menghilangkan kotoran dan mencegah bau badan. 

Namun hal itu didasarkan pada kecenderungan alami terhadap produksi  keringan serta aktivitas  harian kita.

"Jadi, frekuensi mandi yang benar bervariasi dari orang ke orang. Ada konsensus dermatologis yang cukup jelas, mandi atau mandi setiap hari tidak diperlukan bagi kebanyakan orang," kata Mary.

Ide perlunya  mandi setiap 24 jam untuk menjaga kebersihan pribadi yang baik lebih merupakan norma sosial yang diterima sebagian orang daripada keharusan biologis.

Sementara itu, dr. Stevenson kepada Self.com mengatakan bahwa,  mungkin  banyak yang mandi lebih dari yang dibutuhkan," katanya.

Ia menilai bahwa pada umumnya, banyak orang hanya perlu mandi beberapa kali dalam seminggu. Ia juga menyarankan agar hanya mandi dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Melissa Piliang MD, seorang dokter kulit di Klinik Cleveland, menjelaskan hal serupa yaitu hanya dua atau tiga hari sekali mandi. "Itu benar-benar hanya tergantung pada gaya hidup dan kecenderungan alami terhadap produksi keringat," jelasnya

Halaman
1234
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved