Hati-hati Konsumsi Gorengan dan Minuman Es saat Berbuka Puasa, Ini Alasannya

Hati-hati saat berbuka puasa, jangan makan gorengan dan minuman es karena bisa mengganggu kesehatan

Hati-hati Konsumsi Gorengan dan Minuman Es saat Berbuka Puasa, Ini Alasannya
Ilustrasi canva/tribunkaltim
Ilustrasi minum es 

 TRIBUNKALTIM.CO-Bagi yang berpuasa, berbuka puasa  merupakan waktu yang sangat ditunggu-tunggu. Selain bisa makan juga minum.

Bahkan tak jarang bagi yang berpuasa, sejak siang sudah membayangkan makanan dan minuman pertama yang akan dikonsumsi saat berbuka puasa.

Namun mungkin mereka tidak paham atau tak mengetahui, bila berbuka puasa tak boleh sembarangan minum termasuk minuman es. Minuman es merupakan yang paling difavoritkan saat berbuka puasa.

Padahal minuman es tak  baik dikonsumsi setelah berpuasa seharian. 

 Ketua Program Studi Doktor Fakultas Kedokteran UIDr dr Saptawati Bardosono, MSc, mengatakan, minuman yang  paling baik diminum saat berbuka puasa adalah air dengan suhu yang sama dengan suhu tubuh.

"Sesungguhnya saat berpuasa itu yang terkuras itu energi dan air, maka begitu berbuka puasa seharusnya minum air yang sesuai dengan suhu tubuh  kita," katanya .

Ia mengingatkan, bila saat berbuka puasa banyak mengkonsumsi  makanan manis maka seseorang akan merasa kenyang dan akhirnya malas untuk mengkonsumsi makanan berat seperti nasi.

Padahal selain gula, tubuh sangat memerlukan karbohidrat, protein, serat, ataupun zat-zat lain yang berguna bagi metabolisme tubuh.

Selain itu, ia menjelaskan, mengkonsumsi gorengan saat berbuka puasa juga bukan masalah , namun asal tak berlebihan.

"Yang penting hangab terlalu  banyak konsumsi gorengan," kata Saptawati. Untuk itu, Ia menyarankan, pada saat berbuka puasa agar  mengkonsumsi satu gelas teh hangat dengan sedikit kolak.

Halaman
123
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved