Pemadaman Bergilir di Pulau Bunyu, Bulungan, PLN Janji Datangkan Mesin Diesel

Pemadaman bergilir di Pulau Bunyu, Bulungan masih terus terjadi. PLN Kaltimra berjanji akan mendatangkan mesin diesel agar tak terjadi lagi pemadaman

Pemadaman Bergilir di Pulau Bunyu, Bulungan, PLN Janji Datangkan Mesin Diesel
TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan
Plang perbaikan jaringan listrik di Tanjung Selor beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR – Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalimantan Utara mengklaim, telah berkomunikasi dengan PT PLN Persero Kaltim-Kaltara untuk mencari solusi permasalahan krisis listrik di Pulau Bunyu, Kabupaten Bulungan.

Kepala Dinas ESDM Kalimantan Utara Ferdy Manurun Tanduklangi dalam keterangan resminya menjelaskan, sesuai penjelasan dari pihak PLN,

pemadaman listrik di Bunyu diakibatkan adanya kerusakan pada Pembangkil Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) yang dioperasikan PLN.

"Akibat dari itu, dari daya mampu sekitar 1,3 Megawatt (MW), tinggal separuhnya yakni 0,7 MW atau 700 Kilowatt (KW)," sebut Ferdy dalam keterangan resminya yang diterima Tribunkaltim.co, Senin (13/5/2019).

Beban puncak kebutuhan listrik di Bunyu mencapai 1,4 MW. Saat pembangkit 700 KW tidak bisa hidup, pasokan listrik ke Bunyu mengalami devisit sekitar 700 KW.

Untuk itu lah pihak PLN terpaksa melakukan pemadaman bergilir.

Melalui Deputi Manajer Pembangkit PLN Wilayah Kaltim-Kaltara, lanjut Ferdy, PLN telah mendatangkan material suku cadang PLTMG yang rusak.

"Mudah-mudahan segera masuk dan dapat masuk ke dalam sistem pelayanan kembali," ujarnya.

Dengan beban puncak di Bunyu yang mencapai 1,4 MW, sehingga masih ada kekurangan atau defisit daya 100 KW, sehingga pemadaman harus dilakukan.

"Pemadaman hanya akan dilakukan pada pelanggan besar, sedangkan untuk masyarakat dilayani secara normal," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved