Pemilu 2019

Pertarungan Pemilu 2019 di Sumatera Barat, Suara Jokowi-Maruf Ambruk, PDI Perjuangan Nihil Kursi DPR

Pasangan Jokowi-Maruf dalam Pemilu 2019 di Sumbar ambruk kalah dengan Prabowo, termasuk PDI Perjuangan gagal tembus DPR Dapil Sumbar. Ini Sebabnya?

Pertarungan Pemilu 2019 di Sumatera Barat, Suara Jokowi-Maruf Ambruk, PDI Perjuangan Nihil Kursi DPR
kompas.com
SKETSA - Damai dan Rukun Indonesiaku, karya Ryan Bintoro. Pasangan Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandiaga dalam Pilpres Pemilu 2019. Khusus di Sumatera Barat atau Sumbar, pasangan Jokowi-Maruf kalah dengan raihan suara Capres Prabowo. 

TRIBUNKALTIM.CO - Perhelatan Pemilu 2019 sudah berlangsung proses perhitungan real count KPU di tingkat beberapa daerah sudah ada yang tertebak, satu di antaranya di wilayah Sumatera Barat atau Sumbar

Khusus pemilihan presiden, untuk pasangan nomor satu, Jokowi-Maruf di Sumbar bisa dikatakan hambar, tenggelam bila dibandingkan dengan pesaingnya pasangan Prabowo-Sandiaga. 

Capres Prabowo di Sumbar bisa dikatakan menjadi dominan, raih suara terbanyak. 

Tak hanya dari sisi Pilpres Jokowi-Maruf, ternyata di proses Pileg pun, partai pendukung Jokowi-Maruf tak bergigi, tak mampu dapat kursi DPR Dapil Sumbar

Yakni PDI Perjuangan di wilayah Sumbar tidak berdaya, perolehan suaranya tidak signifikan, kader atau caleg PDI Perjuangan tidak ada yang sukses tembus parlemen DPR RI Dapil Sumbar

Menanggapi hal itu, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Sumatera Barat, Hendra Irwan Rahim mengaku pusing dengan hasil perolehan suara calon presiden nomor urut 01 Jokowi-Maruf Amin di Sumatera Barta atau Sumbar.

Pada Pilpres 2014, Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla mendapatkan 23,1 persen.

Namun, di Pilpres 2019 suara Jokowi yang berpasangan dengan Ma'ruf Amin malah turun menjadi 14,1 persen.

Pasangan capres-cawapres Jokowi-Maruf Amin
Pasangan capres-cawapres Jokowi-Maruf Amin (KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

"Saya pusing. Di mana salahnya Jokowi, apa yang tidak diperbuat Jokowi di Sumbar," kata Hendra yang dihubungi Kompas.com, Senin (13/5/2019). 

Ketua DPD Golkar Sumbar itu menyebutkan, sosialisasi yang dilakukan Jokowi dan tim di Sumbar lebih gencar dibandingkan Pilpres 2014, tetapi hasilnya malah makin jeblok.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved