Seluruh OPD akan Dijaga Satpol PP, Direkrut dari Tenaga Kontrak di OPD Masing-Masing

Wabup Kutim meminta agar OPD bisa merekrut tenaga kontrak mereka menjadi satpol PP. Mereka akan bertugas untuk menjaga OPD masing-masing

Seluruh OPD akan Dijaga Satpol PP, Direkrut dari Tenaga Kontrak di OPD Masing-Masing
TribunKaltim.Co/Margaret Sarita
Jajaran Satpol PP Kutai Timur dalam sebuah kegiatan baris berbaris_ 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Beberapa peristiwa pendudukan kantor  yang dilakukan masyarakat membuat Pemkab Kutai Timur sedikit gerah.

Seolah-olah kantor pemerintahan seperti tidak punya pengamanan, karena dengan mudah  warga menduduki, bahkan menyegel kantor pemerintahan dengan alasan  ada permasalahan yang belum bisa terselesaikan.

Dalam Rapat Koordinasi antar OPD yang dipimpin Wakil Bupati Kasmidi Bulang  dan Sekda Irawansyah memutuskan untuk merekrut para Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D) di masing-masing dinas atau badan, untuk diangkat menjadi personel  Satpol PP  dan menjaga OPD yang merekrutnya.

“TK2D yang direkrut, adalah mereka yang tidak memiliki beban kerja terlalu besar. Tapi memang bertugas di dinas atau badan itu juga.

Pokoknya bukan rekrut baru karena  karena kalau rekrut baru, akan membebani alokasi honor TK2D yang sudah ada. Jangan juga memaksakan dan maksudnya, kalau kebutuhan 10, tapi hanya ada delapan, kita gunakan yang delapan itu saja,” ungkap Kasmidi, usai memimpin Rakor, Senin (13/5).

Kebutuhan Satpol PP untuk pengamanan, tidak hanya di dinas maupun badan, tapi juga di tingkat kecamatan. Solusinya,  dengan  melakukan perekrutan dari lingkungan sendiri, dan  mereka yang sudah berstatus sebagai TK2D.

“Hadirnya petugas Satpol PP di lingkungan OPD Pemkab Kutim, sangat dibutuhkan terutama untuk menjaga keamanan kantor. Warga yang ingin menduduki kantor pemerintah maupun melakukan tindakan lain, harus melalui Satpol PP dulu.

Petugas Satpol PP yang ada saat ini, sangat terbatas. Mereka sudah menyebar di lingkungan Setkab Kutim, rumah jabatan serta tim operasional di lapangan untuk penindakan dan pengamanan kota,” timpal Pjs Kasatpol PP Kutim, Didi Herdiansyah.

Ia pun berharap proses perekrutan bisa segera dilakukan, karena September mendatang ada pelatihan untuk jajaran Satpol PP.

Sehingga Kutim bisa mengikutsertakan para personel Satpol PP yang baru untuk dilatih terlebih dulu agar saat bertugas mereka sudah siap dan mumpuni.(*)

Halaman
12
Penulis: Margaret Sarita
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved