Berita Pemkab Kutai Barat

Sudah 25 Tahun Hubungkan Antar-Kampung, Warga Minta Jembatan Gantung Kelian Dalam Diganti

kondisi jembatannya saat ini sangat memprihatinkan dan sudah seharusnya diganti atau diremajakan. Usainya, terbilang tua sekitar 25 tahun.

Sudah 25 Tahun Hubungkan Antar-Kampung, Warga Minta Jembatan Gantung Kelian Dalam Diganti
HUMASKAB KUBAR
Warga masyarakat Kampung Kelian Dalam dan sekitarnya menggunakan jembatan gantung ini untuk beraktivitas sehari-hari. 

SENDAWAR - Jembatan Gantung di Kampung Kelian Dalam Kecamatan Tering, Kabupaten Kutai Barat merupakan sarana vital yang memperlancar ativitas ekonomi dan sosial.

Kehadirannya sangat dibutuhkan dan disambut baik oleh masyarakat karena manfaatnya nyata.

"Apalagi jembatan ini sebagai urat nadi kehidupan warga, dalam konektivitas antarkampung, sekaligus memberikan dorongan terhadap perkembangan ekonomi," kata Ketua BPK Kampung Kelian Dalam, Arifin T saat memperlihatkan kondisi jembatan tersebut di Kampung Kelian Dalam.

Hanya saja kondisi jembatannya saat ini sangat memprihatinkan dan sudah seharusnya diganti atau diremajakan. Usainya, terbilang tua sekitar 25 tahun.

Ditambah lagi, ada beberapa papan lantai berbahan kayu ulin mulai lapuk, serta kabel baja atau kawat sling gantungnya berkarat dan ada yang lepas.

Lepasnya kabel ini, disebabkan terkena hempasan kamparan kayu yang terseret oleh derasnya arus air. Pada posisi itu, air sungai meluap atau naik.

"Apabila tidak diperbaiki, dikhawatirkan bisa amblas. Karena tumpuan atau kekuatannya ada pada kabel bajanya saja,"terangnya.

Jembatan ini dibangun masa Pemkab Kutai dan status Pemkab Kubar saat itu masih sebagai Kantor Pemerintahan Pembantu Bupati Kabupaten Kutai.

Diketahui, jembatan gantung ini memiliki panjang sekitar 100 meter. Sedangkan lebarnya, sekitar 2 meter.

Di tepi kiri dan kanan jembatan ini dibuatkan pagar berbahan kayu ulin, jadi lebar yang digunakan beraktivitas berkurang atau menjadi sekitar 1,6 meter .

Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved