Gas LPJ 3 Kg Langka, Disperindag Kutim akan Bentuk Tim Pemantau

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutim akan membentuk tim pemantau menyusul terjadi kelangkaan tabung LPG 3 Kg

Gas LPJ 3 Kg Langka, Disperindag Kutim  akan Bentuk Tim Pemantau
TribunKaltim.Co/Margaret Sarita
Tabung gas elpiji 3 Kg yang kosong diangkut ke agen di Jalan Yos Sudarso II, Sangatta_ 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Minimnya tabung gas melon atau ukuran 3 Kg di pasaran belakangan ini bukan karena langka.

Pasalnya, kekosongan hanya terjadi di tingkat agen, sementara di pengecer masih  tersedia. Meski jumlahnya juga terbatas.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Timur, H Zaini mengatakan , pihaknya masih terus memantau peredaran gas melon di pasaran.

Karena pasokan yang diperoleh Kutim setiap tahunnya, cukup memadai untuk kebutuhan masyarakat. Yakni 2 juta tabung lebih setiap tahun.

Terkini, sekitar 1.200 an tabung dipasok ke Kutim akhir pekan lalu, namun, dalam hitungan hari semuanya habis dibeli.

“Perdagangan elpiji 3 Kg masih terus dipantau. Dugaan kami yang bandel ini, justru di tingkat pengecer. Mereka ambil dari agen, kemudian dijual lagi di pengecer lain atau langsung jual di warung mereka, dengan harga yang terpaut jauh dari harga agen. Ini yang jadi daya tarik bagi pengecer gas elpiji bersubsidi,” ungkap Zaini.

Selain itu, menurut Zaini, ada beberapa warung makan yang cukup mapan, tapi untuk memasak mereka masih  menggunakan elpiji 3 Kg yang bersubsidi. Padahal di setiap tabung sudah dituliskan untuk masyarakat miskin.

“Saat ini kita sedang membentuk tim dengan menggandeng pihak kepolisian untuk menindak para spekulan gas elpiji 3 Kg.

Mereka yang menjual dengan harga di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) maupun yang melakukan penimbunan, akan ditindak sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya.

Seperti diketahui, kelangkaan elpiji memasuki Ramadhan, terjadi di wilayah Sangatta Utara dan Sangatta Selatan. Beberapa pengecer yang biasa menjual tabung gas memasang papan besar dengan tulisan “Gas 3 Kg Kosong”.

Halaman
12
Penulis: Margaret Sarita
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved