Rasionalisasi Anggaran Dilakukan Pemkab Kutim, Kabag Sosial: Anggaran Beasiswa tak Dirasionalisasi

Kabag Sosial Setkab Kutim memastikan anggaran beasiswa tak dilakukan rasionalisasi meski anggaran OPD akan dirasionalisasi

Rasionalisasi Anggaran Dilakukan Pemkab Kutim, Kabag Sosial: Anggaran Beasiswa tak Dirasionalisasi
TribunKaltim.Co/Margaret Sarita
Para pelajar tingkat SMP saat menempuh ujian nasional. Pemkab Kutim tetap menyiapkan beasiswa meski terjadi rasionalisasi anggaran 2019 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTARasionalisasi anggaran murni tahun 2019  akan diterapkan kepada  seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sampai  ke bagian di lingkungan Setkab Kutim dan Sekretariat DPRD Kutim termasuk  Bagian Sosial.

Namun, Kabag Sosial Andi Abd Ramhan memastikan, untuk alokasi beasiswa bagi warga Kutim yang sedang menempuh pendidikan S1 maupun S2, tidak terkena rasionalisasi.

“Kalau beasiswa tidak terkena rasionalisasi karena memang sudah ada alokasinya dan bersifat khusus.

Beasiswa itu kan untuk pengembangan sumber daya manusia para putra putri Kutim,” ungkap Andi, Selasa (14/5/2019).

Namun ditanya soal besaran beasiswa untuk tahun 2019 ini, Andi mengatakan tidak hafal jumlah pastinya.

Karena pihaknya hanya sebagai tempat memproses berkas yang mengusulkan beasiswa dan mereka yang bisa mendapatkan beasiswa.

“Lupa saya angkanya karena kita hanya proses berkas saja. Untuk proses keuangannya ada di BPKAD (Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah). Di sana yang tahu berapa-berapa alokasinya,” ujar Andi.

Seperti diketahui, pemberian beasiswa merupakan program rutin Pemkab Kutim tiap tahun. Untuk para warga Kutim yang berprestasi dalam menempuh pendidikan S1 maupun S2 di luar Sangatta.

Pasalnya, untuk di Sangatta, Pemkab Kutim sudah memberi alokasi khusus dukungan pendidikan pada dua sekolah tinggi. Yakni Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (Stiper) dan Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta (Stais).

“Pastinya, beasiswa yang dikeluarkan Pemkab Kutim, hanya diperuntukkan bagi mereka yang warga Kutim. Dibuktikan dengan surat menyurat administrasi kependudukan,” ungkapnya.

Halaman
12
Penulis: Margaret Sarita
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved