Tak Ingin Ada Penyegelan Lagi, Sekda Kutim: Utang BBM Sudah Masuk di APBD 2019

Pemkab Kutim telah alokasikan anggaran untuk menyelesaikan utang BBM kepada pihak ketiga. Sebelumnya, pihak ketiga.

Tak Ingin Ada Penyegelan Lagi, Sekda Kutim: Utang BBM Sudah Masuk di APBD  2019
TribunKaltim.Co/Margaret Sarita
Penyegelan ruang kerja Kabag Perlengkapan beberapa waktu lalu_ 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Ribut-ribut aksi penyegelan ruang kerja Kabag Perlengkapan Setkab Kutai Timur, akhirnya selesai.

H Kinsu pemilik PT Menara Hasil Jaya selaku pemasok BBM untuk Setkab Kutim beserta staf-nya tidak melanjutkan aksi tersebut, Senin (13/5).

Sementara Pemkab Kutai Timur mengatakan segera melunasi sisa utang BBM sebesar Rp 44,3 miliar, pada 2019 ini.

“Pembayaran utang BBM tahun 2017 yang sekitar Rp 51, 8 miliar sudah masuk dalam APBD murni tahun 2019 ini. Bahkan sebagian sudah dibayar.

Memang jumlah yang dibayar kecil, tapi alokasinya sudah masuk di anggaran murni. Jadi tinggal tunggu saja. Begitu anggarannya ada, bisa langsung dibayarkan,” ungkap Sekda Kutim Irawansyah, Selasa (14/5).

Ia pun menyayangkan adanya aksi penyegelan oleh pemasok di lingkungan kantor Setkab Kutim. Karena, tak mungkin pemda tidak membayar utang yang ada.

“Sebaiknya tidak melakukan penyegelan seperti itu. Semua masalah itu, bisa dibicarakan dan diselesaikan baik-baik,” ujarnya.

Seperti diketahui, H Kinsu beserta tim manajemen perusahaan miliknya, mendatangi ruang bagian Perlengkapan Setkab Kutim, Kamis (9/5) lalu. Mereka melakukan penyegelan pada ruang kerja Kepala Bagian Perlengkapan.

Hal ini ditenggarai, penyelesaian utang pembelian BBM untuk operasional Setkab Kutim yang menumpuk pada 2017 lalu, sebesar Rp 51,8 miliar, yang berlarut-larut.

Pihak perusahaan, sempat dijanjikan akan dibayar pada APBD perubahan 2018 sebesar Rp 19 miliar. Namun, dengan alasan defisit, janji tersebut tidak bisa ditunaikan.

Di penghujung 2018 itu juga, perusahaan dijanjikan akan dibayar pada triwulan pertama 2019, dimana Pemkab Kutim berkomitmen menyelesaian utang 2016-2017.

Halaman
12
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved