Ujian Semester Berbasis Handphone Android Digelar di SMK Muhammadiyah Sangasanga

SMK Muhammadiyah Sangasanga, Kutai Kartanegara menerapkan ujian sekolah menggunakan handpone android

Ujian Semester Berbasis Handphone Android Digelar di SMK Muhammadiyah Sangasanga
TribunKaltim.CO/Rahmat Taufiq
Murid kelas X SMK Muhammadiyah Sangasanga mengerjakan ujian semester lewat gawai Android mereka, Selasa (14/5/2019) 

TRIBUNKALTIM. CO, SANGASANGA - Umumnya pelaksanaan ujian di Kabupaten Kukar digelar dengan menggunakan sistem berbasis komputer atau secara manual dengan kertas dan pensil.

Namun ujian semester di SMK Muhammadiyah sudah menggunakan handphone Android. Pelaksanaan ujian berbasis Android ini diterapkan pada ujian semester yang mulai digelar, Selasa (14/5/2019) hari ini.

Sebanyak 39 murid kelas X mengerjakan soal ujian semester genap melalui gawai mereka.

"Hari ini murid kami mengerjakan soal Penjaskes, desain grafis serta komputer dan jaringan," kata Mursidi, Kepala SMK Muhammadiyah Sangasanga.

Peserta ujian adalah murid jurusan multimedia dan akuntansi. "Ujian pakai handphone Android ini didasari pemikiran karena sebelumnya selama 4 tahun sekolah kami menggelar ujian berbasis komputer (UNBK).

Mulai tahun ini kita coba ujian dengan Android yang rata-rata semua murid memiliki, meski  mereknya berbeda-beda," tuturnya.

Menurutnya, pelaksanaan ujian menggunakan Android jauh lebih cepat dan hemat karena mengurangi biaya fotokopi kertas.

"Bagi murid yang tidak punya Android karena anak kurang mampu, kita pinjami dia laptop. Ada satu murid saja tadi yang kami pinjami laptop," ujar Mursidi.

Ia menerangkan, soal yang diterima anak satu dengan yang lain berbeda, ini menghindari praktik mencontek. Pihak sekolah juga menyediakan fasilitas wifi untuk memudahkan peserta ujian dalam mengakses internet.

Peserta ujian akan terkoneksi dengan soal ujian semester yang dibuat guru SMK Muhammadiyah Sangasanga setelah memasukkan semacam username dan password, serta nomor kode ujian.

Halaman
12
Tags
Android
Penulis: Rahmad Taufik
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved