Ismunandar Akui Smart City Tak Mudah, Harus Siapkan Infrastruktur dan SDM

Bupati Kutim Ismunandar menandatangani nota kesepahaman program Gerakan Menuju 100 Smart City , bersama sejumlah kepala daerah se Indonesia.

Ismunandar Akui Smart City Tak Mudah, Harus  Siapkan Infrastruktur dan SDM
TribunKaltim.Co/Margaret Sarita
Bupati Kutim Ismunandar 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Bupati Kutim Ismunandar  menandatangani nota kesepahaman program Gerakan Menuju 100 Smart City , bersama sejumlah kepala daerah se Indonesia yang terpilih, untuk menerapkan program tersebut,  Rabu (15/5) di Hotel Santika Premier Jakarta.

Bupati Ismunandar didampingi Kepala Dinas Kominfo Perstik Kutim,  Suprihanto  mengatakan,  tahun 2019 ini terbentuk 100 kota/kabupaten yang memiliki potensi kuat untuk menjadi smart city. Salah satunya, Kabupaten Kutim yang saat ini sudah memasuki progres pemeringkatan.

“Kita saat ini masuk tahap pemeringkatan, yakni, penilaian kinerja tiap pemerintah daerah oleh Kementerian Kominfo RI.

Dengan pola pendampingan agar kabupaten/kota terpilih memiliki pondasi untuk mengembangkan smart city di masa depan,” kata Ismunandar.

Ia berharap, dengan sinergi, kontribusi dan kerjasama semua pihak di daerah, implementasi program smart city di Kutim bisa benar-benar berkembang.

Diakuinya, membangun smart city tidak seperti membalik telapak tangan karena ada tahapan yang harus dilalui.

Setelah ini, Dinas Kominfo Perstik Kutim akan membuat perencanaan jangka panjang seperti tahap I apa yang dibuat dan berapa dana yang dibutuhkan.

“Dari rangkaian tahapan, kita saat ini masih berada pada tahap melengkapi infrastruktur dulu,” ujarnya.

Selain itu, kata Ismunandar, peningkatan sumber daya manusia  juga dibutuhkan seperti pelatihan harus terus dilakukan.

Agar begitu infrastruktur lengkap, bisa langsung dioperasionalkan. “Jangan sampai, peralatan ada, tapi SDM yang ada tidak bisa memanfaatkannya. Jadi, nantinya begitu kita launching smart city di Kutim, sudah gayung bersambut di masyarakat,” kata Ismunandar.(*)

Halaman
12
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved