Napi Bandel Tidak Akan Dapat Remisi Idul Fitri, Ratusan Nama Diajukan ke Kemenkumham

napi yang memperoleh sanksi letter F tidak akan diberikan remisi selama setahun kedepan, yang meliputi remisi hari besar keagamaan

Napi Bandel Tidak Akan Dapat Remisi Idul Fitri, Ratusan Nama Diajukan ke Kemenkumham
Ilustrasi Tribun Kaltim / Christoper D
Warga binaan di Rutan Klas II A Sempaja, Samarinda. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Bulan Ramadhan 2019 disambut suka cita oleh seluruh masyarakat, khususnya umat Islam.

Tidak hanya masyarakat umum, namun juga masyarakat yang saat ini tengah menjalani hukuman di Lapas maupun Rutan.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, di hari besar keagamaan, pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memberikan remisi khusus (RK) kepada warga binaan yang telah memenuhi persyaratan.

Sebelum pengumuman remisi diberikan, terlebih dahulu dilakukan pengajuan dari masing-masing Lapas dan Rutan ke Kemenkumham setempat.

Umumnya, H-2 perayaan hari besar keagamaan, jumlah warga binaan yang memperoleh remisi telah diketahui, dan akan diumumkan pada hari H.

Di Samarinda, terdapat dua Lapas dan satu Rutan yang menampung ribuan warga binaan. Pada Idul Fitri tahun ini, pihak Lapas dan Rutan telah mengajukan nama warga binaan untuk memperoleh remisi.

Kepala Rutan Klas II A Sempaja, Wahyu Susetyo; melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan, Rahmad menjelaskan pihaknya telah mengajukan 297 nama untuk memperoleh remisi dari 1.478 tahanan per tanggal 14 Mei 2019.

Namun, jumlah tersebut dapat bertambah, karena pihaknya saat ini masih menghimpun data warga binaan yang telah memenuhi syarat mendapatkan remisi.

"Untuk sementara jumlah yang kami ajukan memperoleh remisi ada 200 lebih, tapi masih bisa nambah, tanggal 23 Mei 2019 mendatang fiks nya," ucapnya, Rabu (15/5/2019).

Dia menjelaskan, syarat utama memperoleh remisi yakni harus berkelakuan baik. Bahkan, remisi yang telah diperoleh dapat dibatalkan jika napi tersebut berbuat ulah atau melanggar aturan sebelum pengumuman remisi diberikan.

Halaman
123
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved