DPRD Desak Pemkab Berau Segera Buat Perbup tentang THR

Pimpinan dan anggota DPRD Berau mendesak Pemkab segera menerbitkan Perbup sebagai dasar untuk mencairan THR

DPRD Desak Pemkab Berau Segera Buat Perbup tentang THR
TribunKaltim.CO/Geafry Necolsen
Unsur pimpinan DPRD Berau mendatangi Pelayanan Terpadu Keuangan Daerah Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, untuk berkonsultasi tentang mekanisme penganggaran THR untuk ASN 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Pimpinan dan anggota DPRD Berau mendatangi Kementerian Keuangan pada hari , Kamis (16/5/2019).

Kunjungan tersebut merupakan tindaklanjut terbitnya PP 35, 36 tahun 2019, yang membuat ASN juga anggota DPRD di seluruh Indonesia resah.

Pasalnya, berdasarkan aturan tersebut, Tunjangan Hari Raya (THR) akan realisasi pembayaran THR akan terlambat dibayarkan, karena penganggarannya harus berdasarkan peraturan daerah, sementara hari raya hanya beberapa pekan lagi.

“Untuk memastikan, kami (DPRD Berau) melaksanakan kegiatan konsultasi ke Kementerian Keuangan,” kata Ketua DPRD Berau, Syarifatul Syadiah yang berkunjung ke Bagian Pelayanan Terpadu Keuangan Daerah Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan.

Dalam konsultasi tersebut disampaikan, bahwa Kementerian Dalam Negeri telah merevisi PP Nomor 36 Tahun 2019, Pasal 10 ayat (2) yang menyebutkan,

teknis pemberian THR yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019 diatur dengan Peraturan Daerah (Perda), telah diubah menjadi peraturan kepala daerah.

Berdasarkan hasil konsultasi tersebut, DPRD mendorong Pemkab Berau agar segera melaksanakan edaran dari Kementerian Dalam Negeri Nomor 188.31/3889/SJ,

sebagai dasar untuk segera melaksanakan pembayaran THR, 10 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri. “Dengan menerbitkan Peratutan Bupati (Perbup) tentang pemberian THR,” jelasnya.

DPRD mendesak eksekutif segera menerbitkan Perbup, mengingat Perbup tersebut juga harus ditembuskan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

“Prosesnya tentu akan memakan waktu, karena itu segera dibuat. Secepatnya, karena akhir bulan per 30 Mei 2019 sudah memasuki cuti bersama.

Halaman
12
Penulis: Geafry Necolsen
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved