Lebaran 2019

Jelang Lebaran, Dishub Kaltim Mulai Persiapkan Angkutan Umum

Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur akan mulai mempersiapkan angkutan umum menjelang Lebaran Idul Fitri.

Jelang Lebaran, Dishub Kaltim  Mulai Persiapkan Angkutan Umum
TRIBUN KALTIM / BUDI SUSILO
Papan informasi layar televisi digital Arrival Summary yang mengumumkan kedatangan pesawat maskapai penerbangan di Bandara Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, pada Selasa (10/5/2016). Bandara ini akan mengalami lonjakan penumpang menjelang lebran 

TRIBUNKALTIM.CO SAMARINDA - Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur akan mulai mempersiapkan angkutan umum menjelang Lebaran Idul Fitri.

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim  Salman Lumoindong mengatakan, bahwa menjelang lebaran perlu mempersiapan  angkutan umum karena diperkirakan akan mengalami peningkatan jumlah penumpang.

"Sektor perhubungan kita telah mempersiapkan angkutan lebaran, mulai angkutan  laut, udara dan darat," kata Salman, Kamis (16/5/2019).

Lonjakan jumlah penumpang lanjutnya, khususnya diangkutan udara akan semakin meningkat pesat. Dari dua bandara di Kaltim, Dishub akan meminta data valid.

Ia mengatakan, jumlah penumpang melalui  Bandara APT Pranoto akan lebih banyak bila dibandingkan  Bandara Sams Sepinggan Balikpapan, karena lokasinya yang terdekat. Namun untuk persiapan harus lebih cepat  karena baru kali pertama beroperasi dalam situasi .

"Kalau dari angkutan udara, kami sudah menghubungi Bandara SAMS Sepinggan dan APT Pranoto. Keduanya menyebutkan mendekati lebaran, akan ada lonjakan jumlah penumpang. Jadi kami akan lakukan persiapan," ucapnya.

Mengenai harga tiket, Salman menyebutkan bahwa Kementerian Perhubungan telah mengimbau kepada setiap maskapai agar dapat menurunkan harga tiket sebesar 15 persen.

"Kalau harga tiket dari Kementerian Perhubungan, harganya harus diturunkan.

Nah kita liat saja nanti, apakah  ada penurunan. Kalau belum ada penurunan, nanti kita komunikasikan lagi karena dari menteri mengatakan penurunan mencapai 15 persen," jelasnya.

Untuk kenaikan jumlah penumpang, ia  mengatakan peningkatan akan terjadi di Bandara APT Pranoto karena  tahun ini adalah lebaran pertama setelah beroperasi. 

Halaman
12
Penulis: Cahyo Wicaksono Putro
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved