Ramadhan 2019

Lomba Beduk Sahur di Samarinda, Peserta Pakai Ember sampai Drum

Lomba beduk sahur yang digelar di Samarinda diikuti 27 peserta. Mereka menggunakan bahan bekas seperti drum sampai ember

Lomba Beduk Sahur di Samarinda, Peserta Pakai Ember  sampai Drum
TribunKaltim.CO/Cahyo Wicaksono Putro
Peserta asal Samarinda Seberang, dari kelompok Mirza-Miza, yang mengikuti Lomba Beduk Sahur, Kamis (16/5/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO SAMARINDA - Lomba Beduk Sahur yang diselenggarakan pengurus Mesjid Ar Rahmat,  di Jalan Elang Gang Masjid, sedikitnya kurang lebih 27 grup peserta Beduk Sahur ikut meramaikan. 

Ketua Panitia Lomba Beduk Sahur, Rahmat, mengatakan, bahwa tahun ini jumlah yang ikut serta dalam lomba meningkat  dari tahun sebelumnya. Sebelumnya, peserta hanya mencapai 22 peserta, dan tahun ini mencapai 27 peserta.

"Yang ikut ada 27 peserta dan paling jauh dari Palaran, tahun ini juga lebih banyak dari tahun lalu karena yang ikut haya  22 peserta," ujar Rahmat, Kamis (16/5/2019) dini hari tadi.

Dalam Lomba Beduk Sahur ini pun, peserta tidak dibatasi dengan usia, dan yang menjadi penilaian adalah keserasian, kerapian dan keterampilan dalam penampilan membawakan sebuah musik beduk sahur. Bahkan banyak para peserta mengarasmen dengan lagu religi yang sedang populer.

"Untuk usia tidak ada batasnya, kami mengambil 5 juara, yakni Juara 1,2,3 dan  harapan 1 dan harapan 2," ungkap Rahmat

Sementara para peserta Lomba Beduk Sahur, masing - masing harus membawa peralatan tradisional, bahkan  yang menggunakan dari bahan bahan bekas. Seperti drum (tong air) panci, besi ember, jerigen air dan lain-lainnya.

Guna menarik perhatian juri serta masyarakat yang menonton, sebagian peserta banyak yang menghiasi Beduk Sahurnya dengan berbagai macam hiasan ,

ada yang berbentuk hewan laba - laba berukuran raksasa, masjid dengan hiasan berbagai lampu ada pula yang dihiasin dengan kain bagaikan rumah yang dipasang kelambu.

Salah satu peserta Lomba Beduk Sahur, Ardiansyah membawa personel berjumlah 8 orang dari  Samarinda Seberang.

"Kami dari Samarinda Seberang, Target kita juara dua, tapi jika bisa kita mau juara 1," kata Ardiansyah  yang juga ketua grup asal Samarinda Seberang dari kelompok Mirza-Miza.

Halaman
12
Penulis: Cahyo Wicaksono Putro
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved