Pamapersada Nusantara Beberkan CSR Lima Pilar di Kaltim dan Dampaknya Saat Bukber Bareng Jurnalis

Khusus program 2019 hingga Mei ini, telah dilaksanakan pelatihan bagi guru matematika, melakukan pilot project biogas, memperluas RTH dan lainnya.

Pamapersada Nusantara Beberkan CSR Lima Pilar di Kaltim dan Dampaknya Saat Bukber Bareng Jurnalis
Tribun Kaltim/M Sarita
Manajemen Pamapersada Nusantara menyelenggarakan media gathering sekaligus buka puasa bersama para jurnalis dari berbagai wilayah operasi, Kamis (16/5/2019), di Samarinda. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - PT Pamapersada Nusantara yang beroperasi di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar media gathering sekaligus buka puasa bersama para jurnalis dari wilayah operasional perusahaan kontraktor pertambangan tersebut, Kamis (16/5/2019).

Beberapa jurnalis media cetak, online, dan radio dikumpulkan bersama dari masing-masing site seperti Samarinda, Kutai Barat, Kutai Timur, Bontang, Paser, dan Balikpapan, mengikuti kegiatan media gathering yang diselenggarakan di Hotel Harris Samarinda.

Menurut Sukendi, Security & External Relation Dept (SERD) Manager Head Office, media gathering ini merupakan pertamakali di Kaltim untuk mempererat silaturahmi. "Media merupakan partner perusahaan. Pamapersada beroperasi di Kaltim, Kalsel, Kalteng, Nusa Tenggara dan Sumatera. Kami sangat membutuhkan media untuk mempublikasikan aktivitas perusahaan," ujarnya. 

Di wilayah operasi, Pamapersada Nusantara secara intens mengembangkan CSR (Corporate Social Responsibility). Lima pilar menjadi fokus utama realisasi CSR yakni ekonomi, pendidikan, kesehatan, lingkungan, serta sosial dan budaya. Lima pilar ini diterapkan merata di seluruh site.

Pada kesempatan itu, Department Head CSR PT Pama Bontang, Agung Dwi membeberkan sedikit tentang kegiatan CSR PT Pamapersada untuk masyarakat sekitar wilayah operasional. Di Bontang dan Teluk Pandan Kabupaten Kutai Timut, PT Pama bekerja sama dengan Taman Nasional Kutai (TNK). Di antaranya kegiatan penanaman pohon langka, penghijauan TNK, peresmian Ruang Terbuka Hijau (RTH), penghijauan di sekolah-sekolah dan penanaman mangrove di kawasan TNK.

Di bidang pendidikan, menggelar uji kompetensi pada jurusan geologi pertambangan, uji kompetensi komputer, program pemagangan, pelatihan mekanik dan welder bersama PT Indominco Mandiri (IMM), pelatihan APAR, hingga festival anak sholeh. Di bidang sosial, agama, budaya dan infrastruktur, terdiri dari bantuan masjid, kegiatan adat erau pelas, buka puasa bersama serta santunan pada anak yatim.

Sementara khusus di wilayah Sangatta adalah pengembangan budi daya ikan dan pakan ikan lele. Home industri pembuatan makanan olahan berbahan dasar ikan lele. Saat ini dalam tahap pemantapan rasa. "Kami memiliki, home industry pengembangan ekonomi masyarakat yang memberdayakan ibu-ibu untuk memproduksi makanan yang dihimpun dalam satu wadah, Okusa (Oleh oleh Khas Sangatta)," kata Humas PT Pama Site Sangatta, Abdul Syukur.

Selain itu, untuk pengembangan kualitas SDM, perusahaan juga menggelar pelatihan manajemen keuangan, tehnik pengolahan makanan, pemasaran dan lainnya. Sedangkan di bidang kesehatan, PT Pama melakukan pembinaan pada enam posyandu di wilayah Desa Swargabara. Menggandeng beberapa pihak untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat setempat di sekitar wilayah operasional. Saat ini, PT Pama site Sangatta juga sedang mengembangkan program pemanfaatan sampah plastik bekas kemasan produk. Kegiatan ini digalakkan sejak tiga tahun terakhir.

Di Distrik Jembayan Kutai Kartanegara, menurut Ghani Rasyid Ning CSR Officer, yang telah dilakukan khusus pilar ekonomi antara lain mengembangkan koperasi simpan pinjam dan pelatihan bagi UMKM, kesehatan meliputi donor darah, kader posyandu, penyuluhan antinarkoba, pilar lingkungan mencakup Program Kampung Iklim (Proklim), pemilahan sampah dan bank sampah serta sekolah adiwiyata. Untuk pilar pendidikan, diberikan beasiswa kepada 210 pelajar, dan melaksanakan pelatihan guru tentang sekolah adiwiyata bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup. Sedangkan pilar sosial budaya yakni memberi santunan bagi 1.400 anak yatim per tahun, menyumbang hewan kurban, membantu korban bencana dan masih banyak lagi.

Khusus program 2019 hingga Mei ini, lanjut Ghani, perusahaan telah melaksanakan pelatihan guru matematika untuk wilayah Tenggarong Seberang, sosialisasi antinarkoba lagi, serta pilot project biogas yang datangkan pakarnya dari Malang, Jawa Timur. Selain itu, sedang dibangun kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Untuk diketahui, PT Pamapersada Nusantara di Kaltim tersebar di Distrik KPC Sangatta, Kutim; Distrik Jembayan, Kukar; Distrik Kideco Jaya Agung, Paser; Distrik ABKL Loa Janan, Kukar;  Balikpapan Operation; Distrik TCM Melak; Distrik Indominco Bontang; Distrik BEKB Kubar; Distrik BRCB Berau; dan Distrik KPC Bengalon.(*)

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Fransina Luhukay
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved