Ibu Kota Baru

Groundbreaking Ibu Kota Baru di Tahun 2021, Buat Bangunan Strategis TNI Polri & Ruang Terbuka Hijau

Tahapan pemindahan ibu kota Indonesia akan dilakukan groundbreaking Ibu Kota Baru. Kali ini groundbreaking Ibu Kota Baru bakal dilakukan tahun 2021.

Groundbreaking Ibu Kota Baru di Tahun 2021, Buat Bangunan Strategis TNI Polri & Ruang Terbuka Hijau
MONGOBAY/HENDAR
Inilah proyek pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda yang memotong kawasan Tahura Bukit Soeharto, juga kawasan waduk Manggar. Di jalur ini pula rel kereta api akan dibangun. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kabarnya, dalam waktu dekat ini, pemerintah akan lakukan groundbreaking Ibu Kota Baru sebagai implementasi rencana pemindahan ibu kota Indonesia yang baru. 

Lokasi yang sudah ditinjau oleh Presiden Jokowi di beberapa hari lalu yakni ada di Kalimantan Timur, Bukit Soeharto dan Gunung Mas Kalimantan Tengah

Nah, kira-kira penetapan Ibu Kota Baru ini ada dimana, di Kalimantan Timur atau di Kalimantan Tengah?

Melalui Bappenas, Ibu Kota Baru ini direncanakan dua tahun ke depan sejak 2019, akan dilakukan groundbreaking Ibu Kota Baru

Soal groundbreaking Ibu Kota Baru mencuat dibahas dalam diskusi di Jakarta, kantor Bappenas

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengungkapkan, pemerintah akan melakukan groundbreaking Ibu Kota Baru pada tahun 2021.

Kepastian itu ia sampaikan setelah dirinya berkoordinasi dengan tim lainnya, yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"2021 groundbreaking Ibu Kota Baru insyaallah," ujarnya dalam diskusi 'Pemindahan Ibu Kota Negara: Membangun Ibu Kota Masa Depan', di Kantor Bappenas, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Presiden Jokowi didampingi sejumlah pejabat meninjau salah satu lokasi alternatif pengganti ibu kota RI, di Kabupaten Gunung Mas, Kalteng, Rabu (8/5/2019) siang.
Presiden Jokowi didampingi sejumlah pejabat meninjau salah satu lokasi alternatif pengganti ibu kota RI, di Kabupaten Gunung Mas, Kalteng, Rabu (8/5/2019) siang. (Jay/Humas Setkab)

Ia juga mengatakan, selain groundbreaking Ibu Kota Baru di tahun 2021, pada tahun ini pemerintah akan fokus pada penetapan lokasi ibu kota baru.

Selain itu, Bambang Brodjonegoro menuturkan, pemerintah akan merancang undang-undang dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), untuk pembuatan aturannya.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved