Harga Bawang Putih di Sangatta Turun dari Rp 40 Ribu/Kg jadi Rp 37 Ribu/Kg

Harga bawang putih di Sangatta, Kutai Timur kembali turun. Bila sebelumnya harganya sudah turun Rp 40 ribu/kg kini turun lagi Rp 37 ribu/Kg

Harga Bawang Putih di Sangatta Turun dari Rp 40 Ribu/Kg jadi Rp 37 Ribu/Kg
TribunKaltim.Co/Margaret Sarita
Pedagang Bawang Merah dan Bawang putih di toko Tiga Putra Jalan Ilham Maulana, Kecamatan Sangatta Utara_ 

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Pasca kekurangan pasokan hingga menyebabkan harga melonjak tajam di atas Rp 100.000 per Kg, harga bawang putih kini terus merosot di Kutai Timur.

Setelah, Rabu (15/5) turun ke angka Rp 40.000 per Kg, Jumat (17/5), kembali turun ke angka Rp 37.000 per Kg.

Harga tersebut diprediksi bakal terus menurun, seiring berlimpahnya stok bawang putih yang terus masuk ke Kutai Timur.

Toko Tiga Putra di Jalan Ilham Maulana yang mendatangkan bawang putih dari agen di Samarinda, kini menjual produk tersebut, seharga Rp 37.000 per Kg.

“Stok melimpah. Ini kami baru datangkan  lagi pasokan dari Samarinda. Jadi harganya turun ke Rp 37.000 atau  t urun Rp 3.000 per Kg. Biar untung sedikit yang penting habis terjual. Disimpan juga nanti busuk, malah rugi,” ungkap Nur.

Penurunan harga juga terjadi pada produk bawang merah. Dari  harga sebelumnya dibandrol Rp 35.000 per Kg, pada Rabu (15/5), saat ini turun jadi Rp 28.000 per Kg. Penyebabnya sama. pasokan bawang merah melimpah di pasaran.

Harga bawang putih dan bawang merah yang terjun bebas selama sepekan belakang ini, terjadi merata hampir di seluruh pasar di Sangatta. Baik di Pasar Sangatta Seberang, Pasar Induk Sangatta serta Pasar Teluk Lingga.

Murahnya harga bumbu dapur ini disambut bahagia para ibu rumah tangga. Mereka berbondong-bondong membeli bawang merah dan bawang putih untuk stok bumbu menjelang Lebaran Idul Fitri.

“Kalau bawang putih lumayan awet. Bisa disimpan lebih seminggu. Karena bekerja, biasanya saya membuat bumbu dasar, bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan.

Jadi saat masak tinggal mencampur saja,” ungkap Ira, salah satu warga yang memborong bawang putih dan bawang merah di lapak sayur mayur, di Pasar Sangatta Seberang.

Halaman
123
Penulis: Margaret Sarita
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved