Harga Sempat Tembus Rp 110.000, Harga Bawang Putih di Penajam Turun jadi Rp 40 Ribu/Kg

Harga Bawang putih dan bawang merah mulai turun di Pasar Petung. Untuk bawang putih harga sudah turun Rp 40 ribu/kg sebelumnya Rp 110.000/kg

Harga Sempat Tembus  Rp 110.000, Harga Bawang Putih di Penajam Turun jadi Rp 40 Ribu/Kg
TribunKaltim.Co/Heriani AM
Harga bawang putih dan bawang merah di Pasar Petung yang berangsur mengalami penurunan, Jumat (16/5/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Harga jual komoditas bawang putih di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sempat mengalami kenaikan drastis sejak H-7  hingga H+7 bulan Ramadhan.

Bahkan, harga bawang putih sempat dijual hingga Rp 110.000 per kilogram dan bawang merah Rp 80.000 per kilogram.

Namun, di hari ke 12 Ramadhan  ini, harga bawang putih di Pasar  Petung saat ini berangsur normal, yakni Rp 35.000 hingga Rp 40.000 per kilogram.

Nepy, salah satu pedagang bahan pokok mengatakan, harga bawang putih dan bawang merah yang berangsur turun ini karena telah mendapat stok beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, ia yang sehari-hari menggantungkan mata pencahariannya di Pasar Petung ini bahkan tidak berani mengambil pasokan barang.

"Kemarin saya tidak berani ambil barang saat bawang putih dan bawang merah ini naik, saya jual hasil  sisa kemarin, selebihnya dikomsumsi sendiri. '

Sekarang sudah turun lagi kan, jadi saya ambil lagi dari Balikpapan," katanya, Jumat (16/5/2019).

Harga yang berangsur turun, menurutnya tidak lepas dari faktor impor. Untuk bawang putih saat ini dijual  Rp 35.000 per kilogram dan bawang merah Rp 30.000 per kilogram.

Rasa syukur juga diungkap Nia, warga Kelurahan Petung yang sehari-hari berbelanja di Pasar Petung.  Ia mengaku bersyukur dengan  harga bawang putih dan bawang merah yang sudah turun.

"Tidak bisa dipungkiri kalau puasa itu komsumsi kita tinggi. Saya tipe orang yang lebih suka masak daripada beli jadi. Bersyukurlah harga bumbu pokok ini turun, tidak kayak kemarin," katanya.

Halaman
123
Penulis: Heriani AM
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved