Berita Pemprov Kalimantan Utara

Pos Lintas Batas Negara Long Midang Siap Dibangun, Sungai Nyamuk Tunggu Kesiapan Lahan

PLBN Long Midang, terhitung yang paling siap direalisasikan. Ini dikarenakan penyediaan lahan bagi PLBN tersebut berjalan langgeng.

Pos Lintas Batas Negara Long Midang Siap Dibangun, Sungai Nyamuk Tunggu Kesiapan Lahan
HUMASPROV KALTARA
Gubernur Kaltara Irianto Lambrie 

TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie menuturkan, sesuai informasi Kepala Biro Pengelola Perbatasan Negara (BPPN) Provinsi Kaltara Samuel ST Padan, sedianya pembangunan tahap I dua Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kaltara dimulai tahun ini.

Dua PLBN Terpadu itu, yakni PLBN Terpadu Sei Nyamuk/Sei Pancang, Kecamatan Sebatik Utara dan PLBN Terpadu Long Midang, Kecamatan Krayan. Keduanya berada di Kabupaten Nunukan.

PLBN Long Midang, terhitung yang paling siap direalisasikan. Ini dikarenakan penyediaan lahan bagi PLBN tersebut berjalan langgeng.

“Tidak ada masalah, proses pembebasan lahan berjalan baik karena tidak banyak pemukiman penduduk di lokasi tersebut. Bahkan, saat kami mensosialisasikan rencana ini, sebagian besar masyarakat Long Midang setuju,” ungkap Gubernur.

Menilik hal tersebut, Irianto pun berharap pembangunan PLBN Long Midang dapat segera direalisasikan pemerintah pusat.

Berbeda halnya dengan PLBN Sei Nyamuk. Pembebasan lahan menjadi kendala.

“Kami intens berkoordinasi dengan Pemkab Nunukan untuk sejumlah persoalan. Salah satunya, pembebasan lahan yang saat ini menjadi kendala realisasi pembangunan PLBN Sei Pancang,” kata Irianto.

Kejelasan status lahan, akan menentukan kepastian titik atau lokasi pembangunan PLBN tersebut.

“Pemerintah pusat sudah siap melakukan pembangunan. Mereka tinggal menunggu kejelasan titik lokasi pembangunannya. Dalam hal ini, menjadi ranah Pemkab Nunukan,” ungkap Gubernur.

Dipaparkan Irianto, di rencana lokasi PLBN Sei Pancang saat ini, sesuai hasil pertemuan pihak kecamatan, desa serta masyarakat setempat diketahui ada 42 warga akan terdampak. Mereka berada di 2 rukun tetangga (RT), yakni RT 3 dan 4.

Halaman
123
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved