Disnakertrans Provinsi Kaltara Kembali Ingatkan Soal THR, Berikut Cara Menghitung Besaran THR

Disnakertrans kembali mengingatkan perusahaan untuk mebayar THR. Juga dijelaskan cara menghitung besaran THR. Posko Pengaduan THR 2019 juga sudah ada

Disnakertrans Provinsi Kaltara Kembali Ingatkan Soal THR, Berikut Cara Menghitung Besaran THR
tribunkaltim.co/Muhammad Arfan
ILUSTRASI - Sejumlah pekerja konstruksi di Tanjung Selor diabadikan beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kaltara meminta pemberi kerja atau pengusaha membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) karyawan.

Pembayaran THR dilakukan selambat-lambatnya 7 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Imbauan tersebut mengacu pada Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan THR Keagamaan Tahun 2019 Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan, Disnakertrans Provinsi Kaltara, Asnawi menjelaskan, pemberi kerja wajib memahami poin dan substansi edaran tersebut.

Salinannya telah diedarkan pula di tingkat pemerintah kabupaten dan kota dan perusahaan yang tercatat.

'Di Provinsi Kaltara ada 235 perusahaan yang telah terdata secara online," kata Asnawi dalam keterangan resminya yang diterima Tribunkaltim.co, Minggu (19/5/2019).

Berdasaran Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan, besaran THR pekerja dengan masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih, sebesar 1 bulan upah.

Adapun pekerja dengan masa kerja kurang dari 12 bulan, THR-nya diberikan secara proporsional sesuai dengan perhitungan yang sudah ditetapkan.

Yaitu masa kerja dibagi 12 bulan dikali 1 bulan upah.

THR bagi pekerja harian lepas, apabila masa kerjanya sudah 12 bulan atau lebih, diberikan berdasarkan upah 1 bulan dengan memperhitungkan rata-rata upah yang diterima dalam 12 bulan terakhir sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Rafan Arif Dwinanto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved