Berita Pemprov Kalimantan Utara

95,85 Persen Lulusan SMK di Kaltara Terserap Kerja, Terbaik Kedua Setelah Bali

Serapan tenaga kerja dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di provinsi termuda di Tanah Air ini tergolong besar.

95,85 Persen Lulusan SMK di Kaltara Terserap Kerja, Terbaik Kedua Setelah Bali
HUMASPROV KALTARA
Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie saat mengunjungi SMK Negeri 2 Tarakan, belum lama ini.   

TANJUNG SELOR – Upaya pemerintah meningkatkan pendidikan melalui program vokasi, menunjukkan hasil positif di Kalimantan Utara (Kaltara).

Hal ini terbukti dengan besarnya serapan tenaga kerja dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di provinsi termuda di Tanah Air ini.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) lulusan SMK tahun 2018 di Provinsi Kaltara sebesar 4,15 persen.

Artinya 95,85 persennya, lulus SMK di Kaltara terserap di berbagai dunia usaha.

Dari data yang dirilis BPS itu juga, Kaltara menempati posisi terbaik ke-2 secara nasional setelah Provinsi Bali.

“Sesuai informasi yang disampaikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara, pada 2018 ada lebih dari 2.700-an lulusan SMK di Kaltara. Dari jumlah itu, hanya 4,15 persen yang belum terserap ke dalam dunia kerja. Selebihnya telah bekerja,” kata Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie.

Dari 4,15 persen ini juga, menurut informasinya, tidak semua belum bekerja. Sebagian. ada yang bekerja mandiri, atau yang termasuk sebagai blogger.

“Mereka tidak tercatat sebagai pekerja, padahal mereka bekerja. Tren pekerjaan sekarang bukan lagi job tapi usaha,” ungkapnya.

Lebih jauh Gubernur menyampaikan, tingginya lulusan SMK yang terserap oleh dunia kerja merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi Kaltara, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang ada di Kaltara.

“Melalui Disdikbud telah mendata kompetensi siswa yang ada, sebelum lulur. Kemudian Disdikbud menawarkan ke para pelaku dunia usaha maupun industry, lewat bursa tenaga kerja dan MoU dengan beberapa perusahaan,” kata Irianto.

Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved