Berita Pemkab Kutai Barat

Dishub Kubar Tindak Tegas Kendaraan Bermuatan Lebih

Langkah ini diambil pemerintah dalam upaya mengurangi kerusakan jalan serta angka kecelakaan.

Dishub Kubar Tindak Tegas Kendaraan Bermuatan Lebih
HUMASKAB KUBAR
Dishub Kubar melakukan penindakan tegas terhadap kendaraan penumpang, barang bermuatan berukuran lebih yang melintas jalan raya. 

SENDAWAR - Pemkab Kubar melalui Dinas Perhubungan menindak tegas angkutan penumpang dan barang bermuatan berukuran lebih, yang melintas di jalan raya.

Langkah ini diambil pemerintah dalam upaya mengurangi kerusakan jalan serta angka kecelakaan.

Ketika ditemui di ruang kerjanya, Kepala Dinas Perhubungan Kubar Drs Rahmad menjelaskan aturan larangan kendaraan angkutan kelebihan muatan barang dan ukuran melintasi di jalan raya bukan ketentuan baru. Namun demikian, selama ini ketentuan tersebut masih banyak kelonggaran.

Tapi saat ini, lanjut Rahmad, setalah melakukan sosialisasi pemerintah akan bertindak tegas terhadap pengemudi dan pemilik barang yang tetap menjalankan kendaraannnya melebihi batas.

Dalam kegiatan penindakan di lapangan Dishub melibatkan tim, yakni kepolisian/Samsat.

"Jika kendaraan tersebut muatannya melebihi tonase akan ditindak, karena dalam kegiatan tersebut kendaraan juga ditimbang. Selain itu bagi kendaraan yang pajaknya mati langsung ditangani pihak kepolisian, khususnya Samsat," kata Rahmad.

Dalam kesempatan tersebut Rahmad mengimbau semua pihak termasuk asosiasi yang dalam kegiatan operasionalnya menggunakan truk angkutan barang untuk patuh dan taat hukum dalam menjalankan peraturan tersebut.

Tanpa bermaksud menghalangi kegiatan usaha, Dishub terus melakukan tindakan tegas kepada pihak yang tetap membandel.

"Langkah tegas ini juga merupakan jawaban dari masyarakat yang selalu mengeluhkan jalan rusak akibat dilalui truk dan kendaraan-kendaraan bermuatan lebih," katanya. (hms10)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved