Gempa Bumi

Kabupaten Paser adalah Wilayah yang Paling Sering Gempa di Kalimantan Timur, Begini Penjelasannya

Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono: Paser merupakan wilayah di Kalimantan Timur yang paling sering gempa

Kabupaten Paser adalah Wilayah yang Paling Sering Gempa di Kalimantan Timur, Begini Penjelasannya
Ilustrasi canva/tribunkaltim
Gempa bumi Paser Minggu (19/5/2019) 

TRIBUNKALTIM.CO - Gempa bumi kembali dilaporkan terjadi di wilayah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Menurut Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, Kabupaten Paser merupakan wilayah di Provinsi Kalimantan Timur yang paling sering gempa

Untuk hari Minggu (19/5/2019), BMKG mencatat terjadi gempa bumi tektonik sekitar pukul 21.13 WITA di kecamatan Long Kali, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur

Mengutip dari akun Twitter resmi yang terverifikasi milik BMKB @infoBMKG disebutkan

"Mag:4.1, 19-Mei-19 20:13:07 WIB, Lok:1.10 LS, 115.83 BT (Pusat gempa berada di darat 40 Km Barat Laut Kec. Longkali, Kab. Paser), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) III Batu Sopang, II Bongan"

Dalam pers release yang dikirimkan oleh Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan, Mudjianto, "Hari Minggu, 19 Mei 2019, pukul 21:13:07 WITA, wilayah Kec. Longkali, Kab. Paser, Kalimantan Timur diguncang gempa bumi tektonik.

Dari hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan 4.1 SR.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1.10 LS dan 115.83 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 40 Km Barat Laut Kecamatan Longkali, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur pada kedalaman 10 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa ini termasuk jenis gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar lokal di wilayah Kabupaten Paser," ungkap Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dipicu oleh adanya penyesaran dalam arah mendatar/geser (strike-slip fault)," imbuhnya melalui pesan singkat.

Daryono juga menambahkan, berdasarkan laporan masyarakat, gempa ini dirasakan di beberapa tempat seperti di Desa Kepala Telake, Batu Sopang, Bongan, dan Longkali dalam skala intensitas II MMI.

Halaman
1234
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved