Begini Antisipasi Bappeda Atasi Rencana Pengadaan bisa Terimplementasi

Dalam rencana umum pengadaan Pemprov Kalimantan Utara diakui masih banyak yang belum masuk tahap lelang.

Begini Antisipasi Bappeda Atasi Rencana Pengadaan bisa Terimplementasi
TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan
Kepala Bappeda-Litbang Kaltara Datu Iqra Ramadan saat menjadi narasumber 'Respons Kaltara' di Kedai 99 Tanjung Selor, Selasa (21/5/2019) sore menjelang buka puasa. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Dalam rencana umum pengadaan Pemprov Kalimantan Utara diakui masih banyak yang belum masuk tahap lelang.

Kepala Bappeda-Litbang Kalimantan Utara Datu Iqra Ramadan mengakui hal ini.

Menurut Datu, beberapa proyek belum bisa dilelang lantaran dokumen lelangnya belum siap 100 persen atau masih membutuhkan kelengkapan lanjutan sesuai peraturan perundang-undangan.

"Ini setiap tahun kita hadapi dan Ini menjadi masalah buat kita. Banyak kegiatan yang telah kita rencanakan tetapi tidak bisa kita realisasikan," ujarnya dalam 'Repons Kaltara' Selasa (21/5/2019) di Kedai 99 Tanjung Selor.

Persoalan ini pun menjadi bahan evaluasi ke depan. Datu menegaskan, perencanaan yang dilakukan harus disusun berdasarkan skala prioritas yang dapat direalisasikan.

Sebab terkadang, beberapa proyek yang direncanakan mendapatkan kendala baik saat akan memasuki masa tender maupun setelahnya.

"Terkadang ada perencanaan yang dibuat tanpa melihat fakta di lapangan dan ada juga perencanaan terkadang terburu-buru. Ini menjadi evaluasi bagi kita bukan saja Bappeda tetapi semua OPD yang ada," ujarnya.

"Sebelum masuk dalam sistem perencanaan kita, akan meminta pemaparan kompehensif dari OPD bersangkutan. Pertama apakah lahannya sudah siap.

Apakah perencanaan itu sesuai dengan kondisi nyata. Kaitan juga apakah anggaran kita mendukung bagi kita. Ini catatan bagi kami," tambahnya.

Melansir laman SIRUP Pemprov Kalimantan Utara terdapat sebanyak 2.678 pengadaan berdasarkan rekanan penyedia dengan anggaran sebesar Rp 1,1 triliun.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved