Golkar Gugat KPU Balikpapan Soal Dugaan Pelanggaran Administratif Pemilu, Besok Sidang Pendahuluan

DPD Partai Golkar Kota Balikpapan menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan terkait dugaan pelanggaran administratif Pemilu

Golkar Gugat KPU Balikpapan Soal Dugaan Pelanggaran Administratif Pemilu,  Besok  Sidang Pendahuluan
TribunKaltim.Co/Aris Joni
Ketua harian DPD Golkar Balikpapan, Kashariyanto saat memperlihatkan surat dari Bawaslu Kota Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - DPD Partai Golkar Kota Balikpapan menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan terkait dugaan pelanggaran administratif Pemilu 2019 di Kota Balikpapan.

Gugatan tersebut ditindaklanjuti Bawaslu Kota Balikpapan dengan menggelar sidang pertama atau sidang pendahuluan pada, Rabu (22/5/2019) di aula Kantor Kecamatan Balikpapan Tengah.

Ketua Harian DPD Partai Golkar kota Balikpapan, Kashariyanto menjelaskan, pihaknya merasa keberatan dengan proses penghitungan suara yang dilakukan penyelenggara.

Ia menerangkan, pihaknya telah mengkroscek adanya selisih jumlah antara C1 dengan DA1 dan DB1. Selain itu, pada DAA1 juga terdapat kesalahan dalam total jumlahnya dan terdapat sebanyak 80 TPS yang tidak sesuai jumlahnya.

"Nah, besok kita akan sidang perdana atau sidang pendahuluan terkait masalah ini," ujarnya, Selasa (21/5/2019).

Ia menambahkan,  dari KPU juga telah menyatakan surat laporan tersebut telah memenuhi syarat baik formil maupun materil dan laporan tersebut masuk dalam jenis laporan dugaan pelanggaran administrasi Pemilu.

"Menang atau kalah, ini dapat mempengaruhi jumlah kursi di Partai Golkar," katanya.

Kashariyanto menegaskan, pada gugatan tersebut juga  bertujuan untuk membuka kembali kotak suara guna transparansi dari pihak KPU.

"Transparansi itu kan punya publik, jadi harus di kasih lihat ke publik," ucapnya.

Ia menambahkan,  juga telah menyiapkan sejumlah barang bukti berupa C1 yang dihimpun partai, kemudian telah dilengkapi berkas DAA1 , DA1 dan DB1 yang notabene pada formulir tersebut pihak KPU terdapat kesalahan penjumlahan.

Halaman
12
Penulis: Aris Joni
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved