Lebaran 2019

Kebutuhan Daging Sapi Selama Ramadhan dan Lebaran di PPU Capai 33 Ton

Dinas Pertanian PPU menyatakan kebutuhan daging sapi mulai Ramadhan sampai lebaran capai 33 ton

Kebutuhan Daging Sapi Selama Ramadhan  dan Lebaran di PPU Capai  33 Ton
TribunKaltim.Co/Heriani AM
Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten PPU, drh. Arief Murdiyatno 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Ketersediaan daging sapi secara umum untuk menyambut hari  besar keagamaan selama satu tahun di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencukupi.

Bahkan Dinas Pertanian Kabupaten PPU harus memperkirakan suplai dan permintaan harus seimbang agar harga dipasaran tetap stabil.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Kabupaten PPU, drh. Arief Murdiyatno mengatakan, biasanya jika permintaan dan permintaan tidak seimbang,

maka akan terjadi gejolak harga, sehingga jangan sampai permintaan tinggi namun barang yang ditawarkan tidak tersedia ataupun sebaliknya.

"Artinya kita harus upayakan keduanya seimbang dan bersama-sama Dinas  Kukmperindag mengupayakan itu.

Meski  untuk mencapai keseimbangan  pasti itu tidak bisa, tapi kita upayakan selisihnya tidak banyak. Dan ketika itu selisih, ada upaya yang akan dilakukan," jelasnya, Senin (21/5/2019).

Untuk memenuhi permintaan, dasar yang dibutuhkan adalah jumlah penduduk Kabupaten PPU. Sesuai data Disdukcapil, sebanyak 168 ribu jiwa yang harus dipenuhi kebutuhan komsumsi daging.

Bercermin dari kebutuhan daging tahun 2018 lalu, rata-rata komsumsi daging perkapita adalah 2,37 kilogram pertahun, sehingga total kebutuhan masyarakat saat ini yakni 398 ton pertahun.

"Sedangkan khusus untuk bulan puasa serta menjelang Lebaran Idul Fitri ini, kebutuhan masyarakat kita hitung-hitung sekitar 300 ekor sapi atau setara dengan 33 ton," lanjutnya.

Dinas Pertanian baru bisa mensuplai kebutuhan daging sapi dari petani lokal kurang lebih 137 ekor sapi atau setara dengan 15 ton. Untuk bulan ini, Kabupaten PPU masih defisit 163 ekor sapi.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved