Pemkot Bontang Sertakan Modal di Bankaltimtara Rp 150 M, Dapat Untung Rp 19 Miliar

Penyertaan modal sebesar Rp 150 miliar dari Pemkot Bontang ke BanKaltimtara diklaim menguntungkan bagi Kota Bontang.

Pemkot Bontang Sertakan Modal di Bankaltimtara Rp 150 M, Dapat Untung Rp 19 Miliar
TribunKaltim.Co/Ichwal Setiawan
BERI KEMUDAHAN — Bankaltimtara Cabang Bontang mengatakan bakal meningkatkan kemitraan bagi pelaku usaha kecil dan percepat kredit bagi pegawai negeri. 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG — Penyertaan modal sebesar Rp 150 miliar dari Pemkot Bontang ke BanKaltimtara diklaim menguntungkan bagi Kota Bontang.

Pimpinan Cabang BPD Kaltim Bontang, Sayid M Hanafiah menuturkan, proyeksi keuntungan yang diterima Pemkot Bontang dari penyertaan modal sebesar Rp 19 miliar per tahun.

“Ini proyeksi yah, kalau sudah sampai 2021  bisa Rp 19 miliar,” ujar Sayid kepada wartawan seusai mengikuti rapat kerja bersama Pansus Raperda penyertaam modal di Kantor Sekretariat DPRD Bontang, Selasa (21/5/2019).

Sayid menjelaskan, deviden yang dibagi kepada pemilik modal sesuai dengan besaran investasi yang ditanamkan.

Saat ini, Pemkot Bontang berada di peringkat bawah pemilik modal di BPD tetapi jika penyertaan modal dilakukan posisi Bontang bisa tergerek ke peringkat 6.

Sampai saat ini, total investasi modal Pemkot Bontang ke BPD Kaltim sebesar Rp 63 miliar dari modal tersebut bagi untung yang diterima daerah sekitar Rp 4,5 miliar.

Di samping itu, pihaknya berkomitmen bakal meningkatkan kucuran permodalan bagi pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM).

Terkait bunga ringan bagi pegawai, Sayid mengaku tak bisa mengambil keputusan tersebut. Pasalnya otoritas terkait bunga ringan bagi nasabah menjadi kewenangan pusat.

“Pasti kita tingkatkan kucuran permodalan bagi UMKM, kalau PNS kami bisa berikan permudah pencairan hanya sehari,” katanya. (*)

BACA JUGA

Halaman
12
Penulis: Ichwal Setiawan
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved