Refleksi 21 Tahun Reformasi, Ini Suara Para Aktivis Milenial Mahasiswa Balikpapan

Pada 21 Mei 1998 silam, tepatnya 21 tahun lalu, terjadi momen penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Kala itu Soeharto Presiden Indonesia mundur

Refleksi 21 Tahun Reformasi,  Ini Suara Para Aktivis Milenial Mahasiswa Balikpapan
TribunKaltim.CO/HO
Ketua HMI Balikpapan Rizqi Usman 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pada 21 Mei 1998 silam, tepatnya 21 tahun lalu, terjadi momen penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Kala itu Soeharto, presiden yang berkuasa selama 32 tahun menyatakan mundur dari kursi Presiden Republik Indonesia.

Bendera reformasi berkibar sejak tumbangnya rezim Orde Baru Soeharto. Bergantinya kepemimpinan nasional jadi angin segar perubahan negeri ini. Sejak Soeharto menerima 'mandat' surat Perintah 11 Maret (Supersemar) 1966.

Demokrasi jadi produk nyata dari cita-cita reformasi para aktivis dan rakyat yang menentang rezim Orde Baru. Sebuah orde yang dianggap banyak pihak mengekang kebebasan berpikir, lengkap beserta represifnya aparat keamanan pada massa itu, kini telah berganti haluan.

Cahaya demokrasi mampu menerangi sisi-sisi gelap yang tak tampak pada masa orde baru. Kebebasan pers dan berpendapat menguat, lantaran dijamin oleh UU.

Buah-buah dari perjuangan mencapai reformasi tak lepas dari perab mahasiswa pada masa itu. Tekanan demi tekanan.

Perlawanan satu ke satu lainnya dilakukan untuk memaksa Soeharto turun dari tahta. Bahkan beberapa nyawa mahasiswa harus melayang lantaran terlibat bentrok dengan aparat keamanan.

Selasa (21/5/2019), 21 tahun pasca perjuangan reformasi, selalu muncul pertanyaan maupun pernyataan menarik tentang sejauh mana reformasi membentuk negara yang kaya akan sumber daya alam ini.

Untuk merefleksi perjalanan panjang reformasi, Tribunkaltim.co merangkum suara para aktivis mahasiswa di Balikpapan zaman now.

TAHAYUL CITA-CITA 21 TAHUN REFORMASI

Mulai dari Rizqi Usman selaku Ketua Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Balikpapan, yang tak ragu menyebut tahayul cita-cita 21 tahun reformasi.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved