Berita Video

VIDEO - Antisipasi Cacar Monyet atau Monkey Pox, Ini Penjelasan GM PT AP I Bandara SAMS Sepinggan

Cacar monyet atau Monkeypox menjadi perbincangan hangat menyusul temuan Pemerintah Singapura, ada seorang warga yang terkena cacar monyet.

VIDEO - Antisipasi Cacar Monyet atau Monkey Pox, Ini Penjelasan GM PT AP I Bandara SAMS Sepinggan
TRIBUN KALTIM/TRINILO UMARDINI
iIustrasi. Kesibukan di terminal kedatangan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Penyakit cacar monyet atau Monkeypox tengah menjadi perbincangan hangat di berbagai kalangan masyakat menyusul temuan Pemerintah Singapura  terhadap seorang warga yang positif mengidap cacar monyet pada 8 Mei 2019 lalu.

Wilayah Indonesia yang berbatasan langsung dengan Singapura, Batam, Kepulauan Riau pun meningkatkan kewaspadaan. 

Bukan hanya Batam, Balikpapan yang juga mempunyai direct flight atau penerbangan langsung ke Singapura pun memperketat pengawasan terhadap penumpang yang masuk. 

Persiapan dilakukan sesuai instruksi Kementerian Kesehatan belum lama ini yang mengatakan bahwa pengawasan jalur wilayah objek vital seperti Bandara Internasional lebih diperketat termasuk Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) Balikpapan.

General Manager Angkasa pura 1 Balikpapan, Farid Indra Nugraha mengatakan pihaknya menyiagakan tim medis khusus.

Tim medis khusus ini bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan  (KKP) untuk melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan penumpang khusunya penumpang penerbangan internasional yang masuk melalui Bandara SAMS Balikpapan.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Farid Indra Nugraha
General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Farid Indra Nugraha (tribunkaltim.co/zainul)

"Kami menyiagakan tim khusus untuk pemeriksaan setiap penumpang khusunya penumpang kedatangan internasional," kata Indra Nugraha Saat ditemui Tribunkaltim.co, Selasa (21/5/2019)

Selain itu kata Indra ada penerbangan terjadwal khususnya dari Singapura juga sudah dilakukan melalui pesawat Silk Air yang dijadwalkan terbang seminggu tiga kali.

"Kita sudah membuat SOP bersama dengan KKP menyiagakan petugas khusus dan penerbangan terjadwal tiga kali seminggu untuk ke Singapura," Lanjutnya

Jika memang ada penumpang yang terindikasi terkena virus cacar monyet tersebut, pihak Angkasa Pura 1 Balikpapan langsung mengambil tindakan dengan cara membawa penumpang tersebut menggunakan mobil ambulance kemudian dirawat di rumah sakit di Balikpapan.

"Ada mobil ambulance yang stand by, jika memang ditemukan kami langsung berkoordinasi dengan pihak rumah sakit Kanudjoso Balikpapan untuk penangan selanjutnya," katanya

Halaman
12
Penulis: Zainul
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved