Ramadhan 2019

VIDEO Nuzulul Quran, Salah Satu Kemuliaan Bulan Ramadhan, Ini Penjelasan Wakil Rektor IAIN Samarinda

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh keberkahan, bulan yang penuh kemuliaan. Salah satunya adalah nuzulukl quran.

VIDEO Nuzulul Quran, Salah Satu Kemuliaan Bulan Ramadhan, Ini Penjelasan Wakil Rektor IAIN Samarinda
Ilustrasi canva/tribunkaltim
Ilustrasi. Nuzulul Quran 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh keberkahan, bulan yang penuh kemuliaan.

Tidak salah bulan ini selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia.

Namun, tahukah kalian? Selain bulan yang penuh keberkahan, di bulan Ramadhan lah kitab suci umat Islam, yakni Al Quran diturunkan pertama kali sesuai dengan surat Al Baqarah ayat 185, yang berbunyi :

'Bulan ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).

Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.

Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, IAIN Samarinda, Dr Muhammad Nasir, M. Ag
Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, IAIN Samarinda, Dr Muhammad Nasir, M. Ag (TribunKaltim.Co/Christoper Desmawangga)

Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur'.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, IAIN Samarinda, Dr Muhammad Nasir, M. Ag menerangkan, salah satu kemuliaan di bulan Ramadhan adalah diturunkannya Al Quran kepada Rasullulah SAW berbad-abad silam.

"Salah satu kemuliaan di bulan ramadhan adalah diturunkannya Al Quran. Ada pendapat yang mengatakan Al Quran pertama kali diturunkan pada malam 17 Ramadhan," ungkapnya kepada Tribunkaltim.co, Selasa (21/5/2019).

Sehingga, pada malam 17 Ramadhan, biasanya umat Islam memperingati malam tersebut sebagai malam Nuzulul Quran, malam pertama kali diturunkannya Al Quran.

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved