Ajak Awak Media Buka Puasa Bersama, Dewan Jaminan Sosial Nasional Paparkan Soal BPJS Ketenagakerjaan

Dewan Jaminan Sosial Nasional ajak media di Kota Balikpapan buka puasa bersama di Rumah Makan Biru Laut, Rabu (22/5/2019).

Ajak Awak Media Buka Puasa Bersama, Dewan Jaminan Sosial Nasional Paparkan Soal BPJS Ketenagakerjaan
TribunKaltim.Co/Siti Zubaidah
Ahmad Ansyori Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional saat memberikan materi mengenai transformasi jaminan sosial pada saat acara buka puasa bersama dengan awak media Kota Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Dewan Jaminan Sosial Nasional ajak media di Kota Balikpapan buka puasa bersama di Rumah Makan Biru Laut, Rabu (22/5/2019).

Kegiatan ini dilakukan di beberapa termasuk Kota Balikpapan. Balikpapan menjadi kota kedua setelah Bali, selanjutnya Toraja dan Kediri.

Buka puasa bersama ini sekaligus pemaparan mengenai transpormasi jaminan sosial dengan Optimalisasi Pemenuhan Hak dan Kewajiban dalam Jaminan Sosial

Ahmad Ansyori, Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional mengatakan, Sistem jaminan sosial itu ada 9 prinsip.

Diantaranya, gotong royong, nirlaba, keterbukaan, kehati-hatian, akuntabilitas, portabilitas, kepersertaan bersifat wajib,

dana amanat dan hasil pengelolaan dana digubakan seluruhnya untuk pengembangan program dan sebesar-besarnya untuk kepentingan peserta.

"Sistem jaminan itu harus bisa dilayani  dimana saja, setiap peserta bisa mengakses kesehatan di mana saja," kata Ansyori

Biasanya yang kurang dipahami itu mengenai kepesertaan yang bisa diakses di mana saja. "Terkadang peserta yang kurang paham, atau apotek yang takut salah," katanya.

Jaminan sosial kesehatan dibulan Maret mencapai 109,37 persen cakupan peserta di Kota Balikpapan. Di Kaltim 64,74 persen artinya kabupaten/kota lain yang belum sisa dari penduduk Kaltim. 

"Sebabnya banyak karena dibanding jumlah penduduk. Terbanyak peserta jumlah BPJS Kesehatan dibanding penduduk," katanya

Halaman
12
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: samir paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved