Berita Pemkab Kutai Barat

Berburu Menu Buka Puasa di Pasar Ramadan Melak, Banyak Pilihan dan Harga Terjangkau

Ratusan petak berjejer di pinggir Jalan Ahmad Yani RT 3 Kelurahan Melak Ulu Kecamatan Melak, atau depan Shalter PKL Melak.

Berburu Menu Buka Puasa di Pasar Ramadan Melak, Banyak Pilihan dan Harga Terjangkau
HUMASKAB KUBAR
Beraneka ragam makanan yang menggugah selera disajikan di Pasar Ramadan di Melak, Kutai Barat, untuk berbuka puasa. 

SENDAWAR - Berbagai makanan menggiurkan disajikan di Pasar Ramadan. Tidak saja memberikan kemudahan bagi umat muslim yang menjalankan puasa. Di sisi lain, memberikan keuntungan bagi pembuat makanan buka puasa.

Ratusan petak berjejer di pinggir Jalan Ahmad Yani RT 3 Kelurahan Melak Ulu Kecamatan Melak, atau depan Shalter PKL Melak. Di meja papan yang dibuat seragam itu berukuran lebar sekitar 1,5 meter, panjang 100 meter.

Berbagai makanan disajikan. Mulai makanan ringan, minuman, buah-buahan hingga berbagai makanan dan ikan yang siap dilahap.

Aroma masakannya sedap saat menguap ke udara. Tak pelak, pengunjung juga sudah duluan merasakan udara masakan yang akan menjadi pilihan tersebut.

"Salah satu makanan khas buka puasa yang banyak dijual di tempat tersebut kue amparan tetak, lapis jepang, bolu pecak dan kue lainnya. Harganya terjangkau, membuat banyak pengunjung yang datang,"kata Burdiansyah, warga Kecamatan Tering, saat membeli takjil buka puasa di Pasar Ramadan, Senin (20/5/2019).

Buka puasa rasanya tidak lengkap jika tidak ditemani segelas es buah segar. Anda bisa memilih berbagai macam es buah dengan berbagai rasa dan campuran. Rata-rata es dijual dengan gelas plastik dan dihargai bervariasi dari Rp10 ribu sampai Rp15 ribu.

Selain makanan pembuka, tersedia juga makanan utama seperti menjual beraneka ragam sayuran seperti, sayur asam, labu, dan sayur lainnya.

Berbeda dengan Ikhsan, warga Barong Tongkok mengatakan makanan utama yang cukup menggoda selera adalah berbagai aneka ragam ikan bakar penuh bumbu. Seperti ikan patin, baung, gabus, dan lainnya.

Harganya antara Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu per potongnya. Sangat pas untuk mengisi perut, setelah seharian berpuasa.

Pasar Ramadan ini, buka pukul 13.00 Wita dan tutupnya 19.00 Wita. Buat warga yang ingin mencari jajanan untuk buka puasa atau kue Idul Fitri, tempat ini bisa menjadi pilihan.

Terpisah, Camat Melak M. Japar mengimbau kepada pedagang Pasar Ramadan, agar menjaga kebersihan. Sampah dibuang pada tempatnya, jangan sampai keesokan harinya jadi pemandangan tak menyenangkan. Setelah Ramadan, kawasan ini harus kembali bersih.

"Kepada semua pedagang diminta menyajikan makanan dan minuman yang sehat dan enak. Jangan sampai makanan kadaluwarsa dijual,"tegasnya. (hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved