Lebaran 2019

Irianto Minta Semua Instansi Perhatikan Persediaan Komoditas dan Kelancaran Arus Mudik

Seluruh instansi terkait di Kalimantan Utara tengah bersiap menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2019 serta lonjakan permintaan barang kebutuhan

Irianto Minta Semua Instansi Perhatikan Persediaan Komoditas dan Kelancaran Arus Mudik
TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan
Gubernur Kaltara Irianto Lambrie memimpin rapat koordinasi persiapan arus mudik lebaran di gubernuran, Rabu (22/5/2019) sore menjelang berbuka puasa.

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Seluruh instansi terkait di Kalimantan Utara tengah bersiap menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2019 serta lonjakan permintaan barang kebutuhan. 

Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengumpulkan seluruh instansi terkait, untuk  membicarakan hal-hal yang perlu dilakukan menyambut pergerakan manusia dan barang yang akan lebih intensif ini. 

Dalam rapat di gubernuran, Rabu (22/5/2019), pertama, Irianto menekankan pentingnya menjaga pasokan barang kebutuhan masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, termasuk stabilitas harga juga perlu diantisipasi sejak sekarang.  

"Utamanya bawang putih yang sempat mahal dan langka. Disperindagkop dan Pemkab harus mengecek ke lapangan, apakah sudah tersedia cukup atau masih kurang. Rantai distribusinya juga harus kita cek," kata Irianto dalam rapat di gubernuran. 

Kebutuhan lain seperti daging ayam dan telur juga perlu dipastikan persediannya. Irianto meminta seluruh instansi mengerahkan upayanya untuk memastikan stabilitas dan ketersediaan barang kebutuhan aman hingga lebaran. 

Soal arus mudik dan arus balik, Irianto mempercayakan Polda Kalimantan Utara, Dinas Perhubungan Kalimantan Utara, serta Polres dan Dinas Perhubungan kabupaten/kota melakukan langkah-langkah antisipatif. 

"Saya sudah dapat laporannya bahwa uji KIR dan ramp check sudah dilaksanakan sejak Selasa, secara bertahap di kabupaten/kota baik untuk kendaraan angkutan umum di darat maupun speedboat atau transportasi air lainnya," ujarnya. 

Irianto juga meminta seluruh personel yang akan terlibat dalam pengamanan arus mudik intensif melakukan pengawasan di dermaga-dermaga, pelabuhan, dan terminal. 

"Supaya aktivitas masyarakat di tempat-tempat itu lancar. Jangan sampai ada kendala," ujarnya. 

Irianto menggarisbawahi, standar keselamatan dan keamanan transportasi harus ditaati juga oleh penumpang. 

Halaman
12
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved